RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 4 JULI

 
04 JULI 1776
PERINGATAN FOURTH OF JULY, KEMERDEKAAN AMERIKA SERIKAT

Fourth of July atau Empat Juli adalah peringatan tahunan kebangsaan di Amerika Serikat. Tanggal ini memperingati bagian dari Proklamasi Kemerdekaan oleh Kongres Kontinental pada 4 Juli 1776. Kongres telah memilih untuk mendukung kemerdekaan Amerika Serikat dari Britania Raya pada tanggal 2 Juli, tetapi tidak benar-benar menyelesaikan proses merevisi Deklarasi Kemerdekaan. Pada tanggal 2 Juli, Kongres Kontinental memberikan suara mendukung resolusi kemerdekaan dalam pemungutan suara yang hampir bulat (delegasi New York tidak memberi suara, tetapi kemudian menyatakan setuju). 

Pada tanggal 4 Juli, Kongres Kontinental secara resmi mengadopsi Deklarasi Kemerdekaan yang ditulis oleh Thomas Jefferson, dan merupakan puncak perjuangan 13 koloni Amerika Serikat dalam perang melawan Inggris dari 1765 sampai 1783. Meski pemungutan suara untuk kemerdekaan Amerika Serikat sebenarnya terjadi pada tanggal 2 Juli, peringatan hari lahir kemerdekaan Amerika Serikat tetap dirayakan pada tanggal 4 Juli yang dikenal dengan Fourth of July. Perayaan kemerdekaan Amerika Serikat termasuk konser, api unggun, parade, penembakan meriam dan senapan biasanya disertai pembacaan publik tentang Deklarasi Kemerdekaan. Philadelphia mengadakan peringatan kemerdekaan Amerika Serikat pertama pada 4 Juli 1777.

04 JULI 1817
PEMBANGUNAN ERIE CANAL DIMULAI

Erie Canal adalah jalur air sepanjang 363 mil yang menghubungkan Great Lakes dengan Samudra Atlantik melalui Sungai Hudson di bagian utara New York. Saluran yang melintasi negara bagian New York dari Albany ke Buffalo di Danau Erie dianggap sebagai keajaiban teknik saat pertama kali dibuka pada tahun 1825. Pembangunan Erie Canal berawal dari sebuah esai yang ditulis oleh Jesse Hawley, seorang pedagang tepung yang bangkrut karena kesulitan memasarkan tepungnya. 
 
Hawley dalam esainya mengusulkan pembangunan sistem canal yang membentang hampir 400 mil dari Buffalo, New York, di pantai timur Danau Erie, ke Albany, New York, di Sungai Hudson. Hawley berpedapat bahwa transportasi melalui jalur air akan lebih cepat, mudah dan hemat dibandingkan lewat jalur darat yang kebanyakan menggunakan gerobak yang ditarik lembu. Esay Hawley mendapat perhatian banyak pihak termasuk walikota New York City, DeWitt Clinton, yang percaya bahwa kanal ini sangat penting untuk kemajuan ekonomi kotanya. Clinton mulai membangun Erie Canal saat ia menjabat sebagai Gubernur, dan para pekerja memulai pembangunannya pada tanggal 4 Juli 1817 di dekat Utica, New York. 

04 JULI 1884
PATUNG LIBERTY SELESAI DIBANGUN DI PERANCIS

Patung Liberty adalah patung berukuran raksasa setinggi 93 meter yang berada di Monumen Nasional Patung Liberty di Pulau Liberty, muara Sungai Hudson, Pelabuhan New York, Amerika Serikat. Patung Liberty adalah salah satu lambang Amerika yang paling dikenal di seluruh dunia, yang melambangkan kemerdekaan, kebebasan, serta libertas Amerika Serikat. "Kebebasan menerangi dunia", merupakan nama asli patung ikonik ini, merupakan hadiah 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat dari Prancis kepada Amerika pada tahun 1886 dan hingga 1902 berfungsi sebagai mercusuar di perairan Manhattan selatan. 

Patung Liberty dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi & Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel), dimulai pada tahun 1876 dengan membuat lengan berukuran 9,1 meter. Pada 4 Juli 1884, Patung Liberty menjalani pembangunan tahap akhir (finishing) dan selesai. Pada tanggal 15 Juni 1885, potongan Patung Liberty yang terdiri dari 214 kotak kayu tiba di Pulau Bedloe. Namun Patung Liberty baru didirikan pada bulan Mei 1886 dan memakan waktu 6 bulan pendiriannya. Pada tanggal 25 Oktober 1886 patung berdiri sempurna, lalu pada 28 Oktober 1886 Patung Liberty diresmikan dan dibuka untuk umum, kemudian pada tahun 1984, Patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. 

04 JULI 1927
PARTAI NASIONAL INDONESIA (PNI) DIDIRIKAN

Partai Nasional Indonesia (PNI) adalah nama yang digunakan oleh beberapa partai politik Indonesia sejak tahun 1927 sampai tahun 2000-an dan merupakan partai politik tertua yang diketuai oleh Tjipto Mangoenkoesoemo, Sartono, Iskak Tjokroadisurjo, dan Sunaryo. Partai Nasional Indonesia lahir sebagai organisasi untuk mengekspreksikan rasa nasionalisme Indonesia pada masa pra kemerdekaan. Kemudian pada 4 Juli 1927, Soekarno, membentuk sebuah gerakan yang dinamakan Persatuan Nasional Indonesia. Kemudian pada Mei 1928, terjadi perubahan nama menjadi Partai Nasional Indonesia. Tujuan adanya organisasi ini adalah kemandirian ekonomi dan politik untuk kepulauan Indonesia. PNI sendiri dibentuk didasarkan pada gagasan untuk tidak bekerja sama dengan pemerintah Hindia Belanda. Pada akhir Desember 1929, PNI memiliki sebanyak 10.000 anggota.

04 JULI 2013
LONDON ARRAY, TURBIN ANGIN LEPAS PANTAI, DIRESMIKAN

Pembangkit listrik offshore wind farm atau yang populer dengan seburan London Array, merupakan ladang angin lepas pantai berupa turbin angin yang dipasang di lepas pantai sebagai pembangit listrik, tepatnya di delta Sungai Thames. London Array memiliki kapasitas nominal mencapai 1000 MW, dan hingga saat ini menjadi ladang angin lepas pantai terbesar di dunia. Saat ini, London Array mencakup 175 turbin angin yang menyebar sepanjang 100 kilometer persegi (40 mil persegi). Setiap turbin memiliki ketinggian 650 hingga 1.200 meter (2.100 hingga 3.900 kaki) dan lebar 147 meter (482 kaki). 

Ide pembangunan London Array dicetuskan pada tahun 2001, kemudian melalui penelitian dan riset yang panjang delta sungai Thames terpilih menjadi lokasi pembangunannya. Tahun 2005 London Array mendapat persetujuan pemangunan, dengan London Array Ltd sebagai developer proyek ini. Pemasangan pondasi pertama London Array terjadi pada bulan Maret 2011 dan fase I yang terdiri dari 175 turbin menghasilkan 630 MW. Lalu beroperasi penuh pada tanggal 8 April 2013. Kemudian, Perdana Menteri Britania Raya David Cameron meresmikannya pada tanggal 4 Juli 2013.

0 Response to "RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 4 JULI"

Post a Comment