RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 01 JULI

 
01 JULI
PERINGATAN HARI BHAYANGKARA

Hari Bhayangkara diperingati setiap tanggal 1 Juli, yang merupakan hari ulang tahun Kepolisian Nasional Republik Indonesia. Meskipun dianggap sebagai hari ulang tahun Polri, namun penetapannya tidak didasarkan pada tanggal berdirinya. Hari Bhayangkara ditetapkan atas dasar momentum turunnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 1946, yang merupakan peraturan untuk menyatukan kepolisian yang semula-mula terpisah sebagai kepolisian daerah menjadi satu kesatuan nasional. Pasca ditetapkannya Perpres ini, kepolisian yang awalnya berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara dan bertanggung jawab kepada Jaksa Agung, kemudian diganti menjadi bertanggung jawab kepada Presiden.

01 JULI
HARI JADI KOTA MEDAN

Hari jadi Kota Medan ditetapkan pada 1 Juli 1590, meskipun sebelumnya pernah ditetapkan pada tanggal 1 April 1909, namun setelah mendapatkan banyak koreksi dari para ahli sejarah, maka kemudian dilakukan penelusuran ulang Sejarah Kota Medan. Melalui surat keputusan wali kotamadya Medan No. 342 tanggal 25 Mei 1971, dibentuklah panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh Prof. Mahadi. Penelitian sejarah ini kemudian merujuk dokumen "Riwayat Hamparan Perak" yang pada rangkaian bilah bambu, tercatat Guru Patimpus Sembiring Pelawi, tokoh masyarakat Karo, sebagai orang yang pertama kali membuka "desa" yang diberi nama Medan.

Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada tahun 1590 kemudian dipandang sebagai pembuka sebuah kampung yang bernama Medan Puteri walaupun sangat minim data tentang Guru Patimpus sebagai pendiri Kota Medan. Berdasarkan informasi tersebut hari jadi ditetapkan berdasarkan perkiraan tanggal 1 Juli 1590 dan diusulkan kepada Wali kota Medan untuk dijadikan sebagai hari jadi Medan dalam bentuk perkampungan, yang kemudian dibawa ke Sidang DPRD Tk.II Medan untuk disahkan. Akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk.II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan dan mencabut Hari Ulang Tahun Kota Medan yang diperingati tanggal 1 April setiap tahunnya pada waktu sebelumnya. 

01 JULI
PERINGATAN HARI BUAH SEDUNIA (INTERNATIONAL FRUIT DAY)

Hari Buah Sedunia atau International Fruit Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Juli, dimana peringatan ini berawal dari pesta yang diadakan oleh para alumni Universitas Sains Terapan Alice Salomon di Berlin. Mereka berkumpul untuk berdiskusi tentang profesi mereka, yaitu sebagai pekerja sosial. Dalam agenda tersebut mereka menyimpulkan bahwa agar dapat menyatukan berbagai orang dan organisasi dengan tujuan sosial adalah dengan berbagi makanan. Misi Berbagi makanan ini terus berkembang, hingga kemudian dirayakan dan menjadi Hari Buah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Juli. Perayaan Hari Buah Sedunia pertama kali diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2007 di Mauerpark, Berlin, dalam kegiatan ini terdapat sekumpulan orang yang saling berbagi potongan berbagai jenis buah.

01 JULI
HARI JADI KOLINLAMIL

Kolinlamil (Komando Lintas Laut Militer) adalah salah satu Komando Utama TNI Angkatan Laut. Kolinlamil dibentuk di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1961 dengan nama Djawatan Angkutan Laut Militer (DALMIL) berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf TNI AL No. 5401.27 tanggal 24 Juli 1961, dan Skep Men/Kasal No. 5401.23 tanggal 11 Agustus 1961. Pembentukan DALMIL ini didasarkan pertimbangan demi kepentingan logistik TNI-AL maupun ABRI umumnya, termasuk bagi kepentingan pemerintah di bidang angkutan laut. Nama KOLINLAMIL mulai digunakan setelah ditetapkan pada tanggal 4 Mei 1970 dan tetap digunakan hingga sekarang.

0 Response to "RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 01 JULI"

Post a Comment