EBOOK JENIS-JENIS POHON ENDEMIK KALIMANTAN

 
Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang dikenal memiliki keanekaragaman sumberdaya alam hayati sangat tinggi setelah Brazil. Diantara jenis-jenis sumberdaya alam hayati tersebut, baik flora maupun faunanya, banyak yang bersifat endemik, dan ini merupakan kekayaan yang sangat berharga. Keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia didukung oleh beberapa hal, salah satunya karena Indonesia terletak pada dua kawasan biogeografi yakni Orientalis dan Australasia. Dengan kondisi yang demikian maka Indonesia memiliki jenis hayati yang bersifat Asia dan sebagian lagi bersifat Australia. 

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil yang memiliki berbagai tipe ekosistem, topografi dan faktor alam lainnya juga memungkinkan terbentuknya anak jenis dan jenis-jenis baru flora dan fauna. Indonesia terletak di daerah tropika yang merupakan salah satu sasaran tempat migrasinya berbagai jenis satwa untuk menghindari cuaca dingin di kutub utara maupun selatan juga menjadi faktor pendukung banyaknya flora dan fauna endemik yang mendiami negara ini.

Perlu disadari bahwa di banyak negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, keanekaragaman hayati memegang peran penting bagi kehidupan masyarakatnya yaitu dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, politik serta lingkungan hidup itu sendiri. Masih banyak penduduk Indonesia, terutama yang bermukim di sekitar hutan, kehidupannya ditopang langsung oleh keberadaan sumberdaya alam hayati, baik flora maupun fauna. Kehadiran keanekaragaman hayati (khususnya flora) juga diperlukan dalam menunjang penyediaan bahan baku bagunan, sumber pangan, obat-obatan, bahan bakar nabati, sumber pakan ternak dan sumberdaya genetik.

Perlu juga diingat bahwa Indonesia sangat kaya akan jenis tumbuhan. Untuk jenis tumbuhan berbunga (spermatophyta) saja, diperkirakan terdapat 25.000-30.000 jenis yang tersebar di berbagai tipe habitat di sedikitnya 17.000 pulau besar maupun kecil, mulai dari tepi pantai hingga puncak-puncak gunung yang menjulang hingga ketinggian 5.000 m di atas permukaan laut. Di Kalimantan sendiri diperkirakan terdapat 10.000-12.000. Khusus untuk pohon yang jumlahnya sekitar 4.000 jenis, bersama para peneliti di Kelompok Peneliti Botani Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi Bogor mencatat sebanyak 2.676 jenis terdapat di Kalimantan. 
 
Sumber lain juga menyebutkan bahwa dari jumlah tersebut baru sekitar 400 jenis yang sudah dikenal secara ekonomi, termasuk 260 jenis yang sudah digolongkan ke dalam kelompok kayu perdagangan. Apa saja jenis-jenis pohon endemik kalimantan tersebut ?, untuk lebih jelasnya silahkan download dan baca ebook "Jenis-Jenis Pohon Endemik Kalimantan" yang link downlodnya dapat anda temukan di bagian akhir artikel ini. Semoga bermafaat.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Jenis-Jenis Pohon Endemik Kalimantan
Penyusun : Kade Sidiyasa
Penerbit : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Tahun : 2015
Jumlah Halaman : 160 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Flora dan Fauna
Format File : PDF
Ukuran File : 7,37 MB

LINK DOWNLOAD  
Ebook "Jenis-Jenis Pohon Endemik Kalimantan"

0 Response to "EBOOK JENIS-JENIS POHON ENDEMIK KALIMANTAN"

Post a Comment