RESEP KOLAK PISANG LABU KUNING

 
Kolak, sebagaimana dikutip dari laman kompas.tv, adalah salah satu menu yang paling sering dijumpai sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan. Kolak memiliki banyak variasinya dan seiring berjalannya waktu variasi menu kolak semakin beragam dan kaya akan rasa dan kombinasi bahan. Menurut sejarawan dan penulis buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia, Fadly Rahman, kata kolak kemungkinan berasal dari kata "khalik" yang artinya Sang Pencipta. Banyak pakar sejarawan yang menyebutkan bahwa kolak pada masa lalu merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk menyebarkan agama Islam. 

Menurut arkeolog dan dosen sejarah Universitas Negeri Malang, Dwi Cahyono, unsur-unsur kolak juga dikaitkan dengan ajaran Islam. Seperti penggunaan Pisang Kepok yang dalam bahasa jawa merujuk pada kata "Kapok" atau bertaubat. Kemudian ada bahan Ubi, dimana ubi merupakan tanaman dengan buah yang terkubur di dalam tanah, mengisyaratkan agar manusia mengubur dalam-dalam semua kesalahannya di masa lalu pasca bertaubat. Kedua bahan tadi biasa dipadukan dengan kuah santan, dalam bahasa jawa "santan / santen" merupakan kependekan dari kata "Pangapunten" yang artinya permohonan maaf. Jadi kolak menjadi ikon menu buka puasa ramadhan, karena makanan ini ditujukan untuk mengingatkan kita pada Allah dan senantiasa berserah diri kepada-Nya.

Selain ikonik sebagai menu buka puasa, kolak secara gizi merupakan makanan yang memang cocok disantap pasca menahan lapar saat berpuasa. Hal ini karena bahan-bahan dalam kolak mengandung banyak serat dan nutrisi yang bisa memulihkan kembali energi tubuh setelah seharian berpuasa. Salah satu bahan kolak yakni Labu Kuning, mengandung karbohidrat, serat dan protein serta sejumlah vitamin dan mineral penting berupa sodiun, kalium dan tembaga. Warna oranye labu ini menandakan kaya akan vitamin A berupa betakaroten. Sementara itu pisang juga memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh beda dan santan selain membuat sajian ini lebih sedap, ia mengandung lemak nabati yang berguna memulihkan tenaga pasca berpuasa.

Kali ini mimin akan membagikan salah satu resep kolah dengan bahan utama labu kuning dan pisang yang pastinya nikmat untuk disajikan sebagai menu buka puasa. Untuk mengetahui lebih jelas terkait bahan-bahan dan cara pengolahannya, silahkan simak resep membuat kolak pisang labu kuning yang diambil dari postingan di laman food.detik.com, berikut ini:

BAHAN-BAHAN
  • 500 g kolang-kaling Medan
  • 100 g gula aren
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 750 g labu kuning yang tua
  • 2 buah pisang tanduk, kupas, potong serong 1 cm

BAHAN KUAH
  • 2 liter santan sedang
  • 500 ml santan kental
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 300 g gula aren
  • 100 g gula pasir
  • 1 sdt garam

CARA MENGOLAH
  1. Cuci bersih kolang-kaling lalu rendam dengan air cucian beras. Bilas air bersih dan tiriskan.
  2. Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus kolang-kaling bersama daun pandan dan gula merah hingga warnanya kecokelatan dan air habis.
  3. Kupas labu kuning dan buang bijinya. Potong-potong 3x2x1 cm, sisihkan.
  4. Kuah : Taruh santan dalam panci, beri daun pandan, gula aren, gula pasir dan garam. Masak hingga mendidih dan gula larut.
  5. Angkat, saring dan tuang kembali ke dalam panci bersama daun pandan.
  6. Masukkan pisang, masak hingga pisang setengah matang
  7. Tambahkan labu dan kolang-kaling. Masak dengan api kecil hingga seluruhnya matang.
  8. Tuangkan santan kental dan masak sambil sekali-sekali diaduk hingga mendidih. Matikan api.
  9. Sajikan kolak dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es batu
TIPS
  1. Untuk mendapatkan kolang-kaling legit dan empuk, pilih kolang-kaling yang besar, pipih dan bening. Cuci lalu rendam dengan air cucian beras agar aromanya tidak asam.
  2. Kolak labu kuning sebaiknya memakai labu kuning yang tua agar rasanya legit dan lembut saat matang,
  3. Jangan lupa aduk-aduk sekali-sekali kolak agar santan tidak pecah.

0 Response to "RESEP KOLAK PISANG LABU KUNING"

Post a Comment