EBOOK MODUL PEMBELAJARAN BIDANG PANGAN : PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN

 
Ebook yang berjudul "Modul Pembelajaran Bidang Pangan : Pengolahan  Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan" ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mempelajari dan mempraktekkan proses pengolahan pangan yang berasal dari hasil pertanian, perikanan dan kelautan. Dalam ebook ini akan diulas mengenai dasar-dasar pengetahuan bahan hasil pertanian dan perairan serta perubahan-perubahan yang dapat terjadi selama proses pengolahan. Disamping itu, Ebook ini juga dilengkapi dengan contoh formulasi bahan dan tahapan prosesnya di bagian lampiran pada setiap bahasan proses produksi, sehingga Ebook ini bisa menjadi pedoman bagi mereka yang ingin mempraktekkan langsung proses pengolahan pangan dalam rangka untuk mengawali wirausahanya.

Ebook ini akan fokus dalam membahas terkait proses produksi aneka pangan, mulai dari proses produksi pangan berbasis tepung sebagai alternatif pengganti makanan pokok, kemudian akan diulas juga proses produksi pangan berbasis buah-buahan sebagai makanan ringan atau minuman penyegar, lalu akan diulas pula proses produksi pangan berbasis komoditas hasil perairan dan hasil kelautan. Lebih mudahnya lagi, ebook ini juga dilengkapi dengan ulasan tentang jenis-jenis kemasan yang sesuai untuk mengemas produk-produk yang telah dibahas tadi, sehingga produk-produk tersebut mampu bertahan lebih lama dan dapat tetap dalam kondisi baik sampai ke tangan konsumen. 

Ebook ini juga akan menjelaskan cara pengolahan pangan yang baik (CPPB) atau Good Manufacturing Practices (GMP). CPPB adalah suatu teknik atau cara dalam pengendalian dan mengawasi pelaksanaan proses produksi pangan mulai dari penerimaan bahan baku sampai produk akhir. Tujuannya untuk memberikan jaminan pada konsumen dan produsen bahwa produk yang dihasilkan bermutu, aman dan layak. Beberapa olahan pangan yang akan dibahas dalam ebook ini diantaranya yaitu:

Pembuatan Tiwul Instan
Pembuatan Keripik Pisang
Pembuatan Abon Ikan
Pembuatan Dodol Buah
Pembuatan Nugget Ikan
Pembuatan Bakso Ikan
Pembuatan Nata De Covo
Pembuatan Manisan Rumput Laut
Pengenalan Tentang Pengemasan
Good Manugfacturing Practices

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap terkait pembahasan pengolahan bahan makanan diatas, silahkan langsung download dan baca Ebook "Modul Pembelajaran Bidang Pangan : Pengolahan  Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan" ini, link download ada di bagian bawah artikel ini.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Modul Pembelajaran Bidang Pangan : Pengolahan


Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan
Penyusun : Ir. Darti Nurani, M.Si., dan Dr. rer nat. Abu Amar
Penerbit : Kemenag RI, LP3M ITI
Tahun : -
Jumlah Halaman : 119 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Pertanian dan Pangan
Format File : PDF
Ukuran File : 633 KB

LINK DOWNLOAD  

Ebook "Modul Pembelajaran Bidang Pangan : Pengolahan  Hasil Pertanian, Perikanan dan Kelautan"

0 Response to "EBOOK MODUL PEMBELAJARAN BIDANG PANGAN : PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN, PERIKANAN DAN KELAUTAN"

Post a Comment