MANISAN KOLANG-KALING GULA AREN

 
 
Selain kolak pisang atau kolak labu atau segala macam es, salah satu bahan makanan yang juga tak tertinggal dalam list menu buka puasa adalah kolang-kaling. Kolang-kaling sendiri, seperti dikutip dari laman wikipedia.org, adalah buah kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan serta memiliki rasa yang khas dan menyegarkan. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. 
 
Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan. Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Seingga bahan makanan ini sangat cocok untuk menu pelepas dahaga pasca seharian berpuasa.

Kolang-kaling banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh, sebagaimana dikutip dari laman doktersehat.com, beberapa kandungan nutrisi kolang-kaling yang baik untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah fosfor, kalsium, zat besi, serat dan beragam vitamin serta mineral. Banyak sumber mengatakan manfaat kolang-kaling sangat baik untuk kesehatan kulit. 
 
Adanya kandungan kolagen yang cukup tinggi mampu membantu proses peremajaan kulit, sehingga bisa membuat Anda tampak lebih awet muda jika rutin mengonsumsinya. Kandungan kalsium di dalam kolang-kaling juga mampu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara kandungan zat besi yang tinggi bisa membantu tubuh untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Untuk bisa disantap menjadi makanan atau minuman yang nikmat, kolang-kaling perlu diolah terlebih dahulu dengan dikombinasikan beserta bahan makanan lainnya sebagai penambah rasa agar lebih nikmat. Beberapa diantara olahan kolang-kaling adalah sebagai campuran dalam menu es atau biasa dipadukan dalam kolak, atau diolah sendiri dalam bentuk manisan. 
 
Nah, pada artikel kali ini mimin akan membagikan olehan kolang-kaling yang berupa manisan dengan paduan gula aren yang pastinya akan sangat nikmat disantap saat berbuka puasa. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja bahan dan bagaimana mengolahnya, silahkan simak resep yang diambil dari laman food.detik.com, berikut ini:

BAHAN-BAHAN

  • 1 kg kolang-kaling
  • air bekas cucian beras
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 250 g gula aren
  • 100 g pasir
  • 1/2 sdt garam

CARA MEMBUAT
  1. Cuci bersih kolang-kaling. Tiriskan.
  2. Rendam kolang-kaling dengan air bekas cucian beras selama 3 jam, kalau tidak ada bisa dengan air biasa.
  3. Cuci kolang-kaling sambil gosok-gosok hingga lendirnya bersih dan aromanya segar. Tiriskan.
  4. Masak air secukupnya dalam panci. Masukkan kolang-kaling, daun pandan dan daun jeruk. Didihkan.
  5. Tambahkan gula aren dan gula pasir. Masak dengan api sedang hingga air habis dan kolang-kaling berwarna kecokelatan mengilap. Angkat.
  6. Dinginkan dan kemas dalam wadah bertutup

TIPS

  • Di pasar ada kolang-kaling dari Jawa Tengah dan Sumatra Barat. Kolang-kaling Jawa biasanya kecil-kecil dan sedikit keras. Sementara kolang-kaling dari Binjau lebih besar, sudah dipipihkan, bening dan empuk. Harganya lebih mahal.
  • Setelah dibuat manisan kolang-kaling bisa dijadikan campuran kolak atau es campur atau dimakan begitu saja sebagai takjil.

0 Response to "MANISAN KOLANG-KALING GULA AREN"

Post a Comment