EBOOK REFERENSI OPSI SISTEM DAN TEKNOLOGI SANITASI

 
Ebook dengan judul "Buku Referensi Opsi Sistem Dan Teknologi Sanitasi" ini disusun oleh Indonesia Sanitation Sector Development Program (ISSDP), yang merupakan subprogram dari Water and Sanitation Program (WASAP), sebuah Trust Fund yang didanai oleh Pemerintah Belanda dan dikelola oleh Bank Dunia. ISSDP didanai oleh Pemerintah Belanda bersama Pemerintah Swedia, dan dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia, dengan Bappenas sebagai koordinator Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TTPS), bekerja sama dengan Water and Sanitation Program - East Asia and the Pacific (WSP-EAP).

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 8 Desember 2009, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan Program Nasional Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) untuk kurun waktu 2010-2014 dengan target Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) pada tahun 2014, penerapan praktik 3R secara nasional dan peningkatan sistem Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah menjadi sanitary landfil serta pengurangan genangan air di kawasan strategis perkotaan. Pemerintah juga telah menetapkan bahwa program pembangunan sanitasi ke depan perlu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota dengan menerapkan pendekatan Strategi Sanitasi Kota (SSK) yang terintegrasi dan komprehensif.

Tim Pengarah Pembangunan Air Minum dan Sanitasi menyambut baik upaya Tim Teknis Pembangunan Sanitasi sebagai kelompok kerja pembangunan sanitasi nasional dalam menciptakan pembangunan sanitasi yang terkoordinasi melalui penciptaan kondisi yang mendukung pembangunan sanitasi secara menyeluruh tersebut. Salah satu dukungan tersebut adalah penerbitan "Buku Referensi Opsi Sistem Dan Teknologi Sanitasi" ini. Ebook ini adalah suatu upaya untuk melengkapi pedoman dan manual yang dikembangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan diharapkan dapat membantu Pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya membantu Kelompok Kerja (POKJA) Sanitasi di daerah dalam rangka penyusunan SSK, sehingga rencana aksi sanitasi yang dihasilkan SSK secara teknis dapat diterima dan tepat sesuai dengan kebutuhan layanan yang diperlukan.

Disamping memberi masukan kepada Pokja Sanitasi (Kota dan Provinsi), Ebook ini juga membantu anggota Pokja Sanitasi menjawab pertanyaan-pertanyaan atas 5 isu utama sebagai berikut:

1. Regulasi dalam bidang sanitasi
Bagaimana sebenarnya norma, standar, peraturan dan kriteria yang berlaku secara nasional ataupun regional untuk perencanaan, pelaksanaan, operasi dan perawatan fasilitas sanitasi?

2. Sistem sanitasi perkotaan
Apakah sistem sanitasi itu? Bagaimana memahami dan bekerja dalam sebuah kerangka pemikiran “sistem” (tinjauan sejak limbah dihasilkan sampai dibuang kembali secara aman ke lingkungan) yang meliputi subsektor air limbah, persampahan dan drainase tersier.

3. Aliran limbah/produk berikut karakteristiknya
Bagaimana sebenarnya karakteristik dan aliran air limbah, sampah dan air limpasan yang dihasilkan dari kawasan permukiman, perkantoran, komersial dan industri?

4. Menentukan pilihan teknologi dan praktik terbaik
Begitu pilihan sistem telah ditentukan, langkah berikutnya adalah menentukan pilihan teknologi yang sesuai (dari tinjauan berbagai aspek). Teknologi yang dapat memberikan jaminan beroperasinya sistem yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat.

5. Perkiraan biaya
Memberikan informasi perkiraan biaya investasi, operasi dan pemeliharaan.
 
Tentunya selain gambaran singkat diatas, masih banyak lagi informasi-informasi menarik yang bisa dipelajari dari ebook ini, untuk itu silahkan download dan baca ebook ini, link download bisa anda temukan dibagian akhir dari artikel ini. Semoga bermanfaat.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Buku Referensi Opsi Sistem Dan Teknologi Sanitasi
Penyusun : Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (TTPS)
Penerbit : Bappenas 
Tahun : -
Jumlah Halaman : 173 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Kesehatan Lingkungan
Format File : PDF
Ukuran File : 15 MB

LINK DOWNLOAD  
Ebook "Buku Referensi Opsi Sistem Dan Teknologi Sanitasi"
 

0 Response to "EBOOK REFERENSI OPSI SISTEM DAN TEKNOLOGI SANITASI"

Post a Comment