EBOOK PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN : KEDELAI DAN ANEKA KACANG UMBI LAINNYA TAHUN 2018

 
Komoditi aneka kacang dan umbi seperti kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar merupakan komoditas yang sangat prospektif untuk ditumbuh kembangkan. Hal tersebut dapat terlihat dengan semakin meningkatnya kebutuhan baik sebagai bahan pangan, pakan dan bahan baku industri maupun bahan bakar nabati (bio ethanol). Kegiatan pengelolaan produksi kedelai dan tanaman aneka kacang umbi (AKABI) merupakan salah satu upaya dari unit kerja Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan komoditas aneka kacang dan umbi. 

Kegiatan tersebut difokuskan pada beberapa komoditas antara lain kedelai, kacang hijau, ubi kayu, ubi jalar dan talas. Sedangkan komoditas kacang tanah, aneka kacang dan umbi lain diprioritaskan pada kegiatan pendampingan/pengawalan penerapan budidaya yang tepat dan berkelanjutan. Kegiatan pengelolaan produksi AKABI pada dasarnya merupakan rangkaian kegiatan untuk memfasilita situmbuh dan kembangnya usaha budidaya aneka kacang dan umbi sehingga mampu berproduksi sesuai dengan sasaran yang ditetapkan. 

Pengelolaan aneka kacang dan umbi juga memiliki orientasi untuk meningkatkan produktivitas dan produksi, efisiensi, nilai tambah dan daya saing sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani maupun masyarakat sekitarnya. Program kegiatan pengelolaan produksi komoditas AKABI difokuskan pada penerapan pengelolaan budidaya yang tepat dan efisien yang diprioritaskan pada:

Komoditas utama dan unggulan nasional yaitu kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar.
Komoditas AKABI lainnya unggulan daerah (lokal) seperti talas, garut, gembili, kacang koro pedang dan lain yang berperan sebagai substitusi komoditas utama.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Kedelai


dan aneka kacang umbi lainnya Tahun 2018
Penyusun : Direktorat Jenderal Tanaman Pangan 


Kementerian Pertanian RI
Penerbit : Kementerian Pertanian RI
Tahun : 2018
Jumlah Halaman : 84 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Pertanian
Format File : PDF
Ukuran File : 7,71 MB

LINK DOWNLOAD
 
Ebook "Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kegiatan Kedelai dan aneka kacang umbi lainnya Tahun 2018"

0 Response to "EBOOK PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN KEGIATAN : KEDELAI DAN ANEKA KACANG UMBI LAINNYA TAHUN 2018"

Post a Comment