EBOOK INOVASI HORTIKULTURA PENGUNGKIT PENINGKATAN PENDAPATAN RAKYAT

 
Subsektor hortikultura merupakan komponen penting dalam pembangunan pertanian yang terus bertumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu. Pasar produk komoditas tersebut bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri saja, melainkan juga sebagai komoditas ekspor yang dapat menghasilkan devisa untuk negara. 
 
Di lain pihak, konsumen semakin menyadari arti penting produk hortikultura yang bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan semata, tetapi juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, estetika dan menjaga lingkungan hidup. Namun di balik itu, tantangan dengan masalah isu global seperti pasar bebas (termasuk di dalamnya dengan diberlakukannya ketentuan dalam kesepakatan MEA) dan perubahan iklim merupakan suatu tantangan yang perlu segera dihadapi supaya produk hortikultura Indonesia tetap bertumbuh dan berkembang.

Beberapa teknologi dan varietas tanaman hortikultura telah dihasilkan oleh para peneliti di lingkup Badan Litbang Pertanian, baik itu pada tanaman sayuran, hias dan buah-buahan, yang sebagian telah diadopsi oleh masyarakat pengguna. Di lain pihak isu lingkungan yang terus-menerus disuarakan oleh masyarakat menjadikan suatu tantangan tersendiri dalam mengelola pertanian, terutama dalam penggunaan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi manusia, seperti penggunaan pestisida kimia buatan. 
 
Untuk mereduksi efek pestisida kimia buatan, telah dilakukan berbagai upaya oleh para peneliti. Penggunaan musuh alami yang aman terhadap lingkungan mulai terus dikembangkan. Permasalahan-permasalahan ini akan diulas tuntas dalam ebook ini.

Ebook ini akan membahas beberapa isu menarik yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang bergelut di bidang pertanian atau pengembang pertanian, diantaranya yaitu:

Inovasi Teknologi Tanaman Sayuran
Inovasi Teknologi Tanaman Buah
Inovasi Teknologi Tanaman Hias
Inovasi Teknologi Tanaman Hortikultura Lainnya

Beberapa varietas tanaman yang akan menjadi pokok pembahasan di dalam ebook ini diantaranya yaitu:

Bawang Merah
Cabai Keriting
Tomat
Kentang Varietas Granola
Jeruk Keprok Batu
Mangga Garifta
Manggis
Pepaya Merah Delima
Pisang Mas Kirana
Alpukat
Belimbing Karangsari
Tanaman Hian Krisan
Dan lain-lain

Untuk mengetahui lebih jelas dan lengkap terkait pokok bahasan diatas, segera saja download dan baca ebook "Inovasi Hortikultura Pengungkit Peningkatan Pendapatan Rakyat", link download dapat anda temukan di bagian akhir artikel ini. Semoga bermanfaat.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Inovasi Hortikultura Pengungkit Peningkatan


Pendapatan Rakyat
Penyusun : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian


Kementerian Pertanian RI
Penerbit : IAARD Press
Tahun : 2015
Jumlah Halaman : 305 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Pertanian
Format File : PDF
Ukuran File : 12 MB

LINK DOWNLOAD  
Ebook "Inovasi Hortikultura Pengungkit Peningkatan Pendapatan Rakyat"

0 Response to "EBOOK INOVASI HORTIKULTURA PENGUNGKIT PENINGKATAN PENDAPATAN RAKYAT"

Post a Comment