SETRIKA ANDA LENGKET, INI CARA MENGATASINYA

seterika-anda-lengket-begini-cara-membersihkannya-agniamedia 

Setrika yang biasa kita pakai sehari-hari sebenarnya ada aturan khusus dalam penggunaannya, yaitu pada mode panasnya, kita musti menyesuaikannya dengan bahan pakaian yang akan kita setrika. Namun masalahnya kebanyakan orang tidak memperdulikan masalah ini, mereka cenderung memakai mode maximum (paling panas) untuk semua jenis pakaian yang akan disetrika. Hal ini dilakukan karena menurut mereka jika seterikanya panas maka pekerjaan menyeterika menjadi lebih cepat. Akibatnya, pada waktu tertentu seterika tiba-tiva terasa lengket dan membuat proses menyeterika menjadi lambat dan kitapun jadi jengkel dibuatnya.

Ada beberapa penyebab kenapa seterika kita tiba-tiba terasa lengket diantaranya, kita menggunakan seterika pada permukaan pakaian yang terdapat sablon-nya. Ada beberapa jenis sablon yang apabila terkena panas, maka bahan sablon tersebut akan menempel pada permukaan bawah seterika, salah satunya sablon dengan bahan rubber (sablon block). Penyebab lainnya bisa dari bahan dasar pakaian yang beberapa diantaranya tidak tahan pada suhu yang tinggi, sehingga bila kita sering menggunakan seterika pada mode suhu maksimal, maka beberapa jenis pakaian akan meleleh dan menempel pada permukaan seterika, contohnya bahan polyester. Penyebab lainnya bisa juga karena kotoran, permen karet, sisa makanan, cat yang menempel pada baju atau jenis pewarna baju tertentu juga bisa jadi penyebabnya.

Ada beberapa jenis seterika yang biasa digunakan dalam rumah tangga, yaitu seterika dengan permukaan halus dan yang lainnya berupa seterika steamer dengan permukaan berlubang untuk mengeluarkan uap. Kedua jenis seterika tersebut pada bagian permukaannya sudah dilapisi dengan bahan teflon, namun beberapa seterika memiliki kualitas teflon yang berbeda-beda dan ini juga menjadi salah satu penyebab lengket tersebut. Masing-masing jenis seterika tersebut harus dibersihkan secara rutin, tertama setelah kita memakainya, tujuannya agar kotoran yang menempel tidak menumpuk dan akibatnya menjadi lebih sulit untuk dibersihkan. Lalu bagaimana cara atau metode yang harus diterapkan dalam membersihkan seterika lengket ini? Yuk kita simak tips-nya dibawah ini:

1. Gunakan Gara dan Handuk
Cara yang paling mudah dan paling sederhana untuk membersihkan permukaan seterika yang lengket adalah dengan menggunakan handuk dan garam, sebaiknya menggunakan handuk yang berbahan katun. Pertama siapkan meja/papan seterika lalu letakkan/bentangkan handuk tersebut diatasnya. Setelah itu taburkan 1 sendok makan garam pada permukaan handuk tersebut. Jenis garam yang digunakan sebaiknya berupa garam yang kasar, karena semakin kasar permukaan garam, maka bagian bawah seterika akan lebih mudah untuk dibersihkan. Langkah kedua, hidupkan seterika kemudian putar mode pengatur suhunya pada posisi mode panas, kemudian gosok-gosokkan permukaan seterika tersebut di atas handuk yang sudah ditaburi garam tadi. Perlahan kotoran-kotoran yang ada di permukaan seterika akan menempel pada butiran garam dan permukaan seterika akan kembali bersih. Jika dirasa masih kotor, anda bisa membuang garam yang tadi telah digunakan dengan garam baru dan ulangi prosesnya.

2. Gunakan Cuka dan Garam
Cara yang satu ini juga cukup mudah untuk dilakukan, anda cukup menyediakan cuka dan garam. Caranya, sediakan dulu panci lalu masukkan garam dan cuka dengan perbandingan cuka:garam = 2:1. Setelah itu panaskan panci diatas kompor dan tunggu sampai kedua bahan tersebut larut, namun jangan tunggu sampai mendidih. Setelah dirasa sudah larut, gunakan larutan tersebut untuk membersihkan permukaan bagian bawah seterika yang lengket. Ambil lap atau kain halus, lalu celupkan kain tersebut ke larutan cuka dan garam tadi, kemudian gunakan untuk menyeka permukaan bawah seterika yang lengket tadi. Jika kotorannya sudah membandel, anda bisa menggunakan sikat, celupkan sikat ke dalam larutan lalu sikat permukaan seterika yang lengket tersebut. Namun, sebaiknya jangan menggunakan sikat berbahan logam/kawat karena akan menggores lapisan teflon pada permukaan seterika, gunakan sikat gigi bekas atau sikat dari bahan plastik atau sabut.

3. Gunakan Amplas
Cara ini bisa anda gunakan untuk seterika yang memang kotoran yang menempel pada permukaannya sudah begitu membandel. Caranya anda cukup gosokkan amaplas ke permukaan seterika yang kotor dan lengket tadi, namun yang harus anda ingat bahwa permukaan seterika tersebut ada lapisan telflon yang bisa ikut tergores saat anda mengamplas permukaan seterika. Maka dari itu saya sarankan untuk menggunakan amplas dengan permukaan paling halus dan lakukan proses menggosok dengan lembut dan hati-hati.

4. Gunakan Daun Pisang
Cara ini merupakan cara tradisional yang sudah digunakan sejak dulu dimana pada jaman dahulu seterika terbuat dari besi tebal dan dipanaskan menggunakan bara api dari arang kayu. Cara tradisional ini ternyata cukup efektif untuk membuat seterika yang lengket menjadi licin kembali. Anda cukup siapkan beberapa lembar daun pisang, lalu nyalakan seterika dan tunggu hingga permukaannya panas, kemudian gosokkan permukaan seterika yang lengket ke permukaan daun pisang bagian dalam (permukaan daun bagian dalam/bawah). Proses ini akan membuat lapisan lilin pada daun pisang menempel pada permukaan seterika dan membuatnya menjadi licin.

5. Gunakan Baking Soda
Caranya anda cukup melarutkan baking soda ke dalam air hingga membentuk pasta / larutan kental, lalu dengan menggunakan kain lap yang dicelupkan ke dalam pasta tersebut gosokkan ke bagian permukaan seterika bagian bawah, lakukan terus hingga sisa-sisa kotoran hilang dan seterika kembali bersih dan licin kembali.

6. Gunakan Pasta Gigi

Caranya hampir sama, anda cukup oleskan pasta gigi ke permukaan seterika, lalu gosok permukaan tersebut dengan kail lap sampai permukaannya bersih dan licin.

Tips Agar Seterika Awet
Senaiknya saat menggunakan seterika kita menggunakan pengatur suhu untuk disesuaikan dengan jenis bahan kain yang akan diseterika. Selain itu untuk kaor yang ada sablonnya sebaiknya diseterika dengan hati-hati ketika akan mengenai bagian sablonnya, anda bisa meletakkan selembar kertas diatas gambar sablon agar ketika terkena panas, bahan sablon tidak menyebabkan lengket. Jika seterika sudah terasa lengket, maka hentikan dulu pekerjaan menyeterika lalu bersihkan permukaannya lebih dulu agar kotoran tidak membandel. Gunakan cairan pelicin untuk membantu mengurangi lengket pada permukaan seterika.

0 Response to "SETRIKA ANDA LENGKET, INI CARA MENGATASINYA"

Post a Comment