RESEP PASTEL ENAK & RENYAH

resep-pastel-enak-dan-renyah-temukan-resepnya-agniamedia
 
Makanan bernama "PASTEL" ini mungkin sudah sangat familiar ditelinga anda, bahkan mungkin anda sudah pernah memakannya. Pastel ini merupakan jenis kudapan yang masuk dalam keluarga Pastry, atau semacam kue isi yang digoreng. Pastel merupakan makanan yang sangat digemari masyarakat, termasuk mimin juga suka banget sama makanan ini, biasanya makanan ini lebih sering kita temui saat ada hajatan atau dipake untuk sajian snack pada saat meeting, arisan atau acara kumpul masyarakat.

Pastel yang kini banyak kita temukan di pasaran memiliki banyak variasi mulai dari bentuknya hingga isian yang ada di dalamnya. Pastel pada umumnya diberi isian berupa paduan wwortel, daun bawang, seledri dan ayam dengan bumbu khas yang gurih dan lezat. Namun saat ini tidak hanya ayam yang mendominasi isiannya, ada juga daging sapi, sosis dan dipadu juga dengan saus khusus yang semakin enak rasanya. Semuanya dibalut dengan kulit pastel yang digoreng atau dipanggang kering sehingga menjadikannya renyah saat dimakan.

Meskipun sangat populer di masyarakat indonesia, ternyata pastel bukanlah makanan asli dari negara kita ini. Pastel merupakan makanan yang berasal dari kawasan Mediterania, Timur tengah dan India. Makanan input sempat menjadi hidangan favorit bangsa Moor pada masa perang Salib di Eropa dan ketika itu penganan ini lebih populer dengan sebutan EMPANADA. Kudapan ini bisa sampai di Indonesia dibawa oleh Bangsa Portugis dan Spanyol saat mereka menjelajah dan menjajah kawasan Filipina dan bangsa Indonesia bagian utara. Oleh karena itu , Kota Makasar menjadi tempat pertama lahirnya Jalangkote atau Pastel yang lezat ini.

Bagi anda yang suka dengan makanan ini pastinya tidak akan kesulitan mendapatkannya, karena di pasar, toko snack dan roti selalu menyediakannya, kalaupun tidak anda bisa memesannya. Anda yang hobi memasak bisa membat pastel sendiri di rumah, bahan-bahannya cukup mudah didapat dan cara pembuatannya cukup mudah. Kali ini mimin akan membagikan resep membuat Pastel yang enak dan renyah, gimana caranya? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini:

Resep Membuat Pastel yang Enak dan Renyah

Bahan Kulit
  • 500 gr Terigu protein sedang
  • 1 sdt Garam
  • 100 gr Margarin (Lelehkan)
  • 200 ml Air hangat (kurang lebih)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan Isi
Untuk bahan isi ini anda bebas menentukan sendiri
contohnya bihun, makaroni, daging sapi, daging ayam, abon, atau sayuran.

Cara Membuatnya
  1. Dalam wadah, campur terigu dan garam, lalu aduk hingga rata.
  2. Masukkan margarin yang telah dilelehkan, lalu campurkan dengan terigu dan garam tadu, lalu aduk hingga merata.
  3. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, Jika adonan dirasa sudah pas, maka penambahan air dihentikan (adonan tidak perlu diuleni, cukup diaduk rata saja)
  4. Bungkus adonan dengan pastik makanan/lastik wrap, Diamkan selama 15 sanapai 30 menit agar adonan lebih lemas dan lentur.
  5. Bagi adonan sesuai ukuran yang diinginkan, saya timbang masing-masing dengan berat 30 gr, setelah itu gilas hingga tipis, lalu isis dengan bahan isian, lipat dan tekan-tekan pinggiran adonan agar merekat dengan baik, lalu pilin (bisa juga menggunakan cetakan pastel, jika anda punya). Lakukan hingga adonan habis.
  6. Goreng dengan minyak yang banyak yang sudah panas, saat menggoreng pastel sambil disiram-siram dengan minyak agar bisa jadi montok, menggembung dan bruntusan. jika sudah cukup kering, angkat lalu tiriskan.
  7. Patel siap dihidangkan, jangan lupa sediakan cabai rawit untuk ceplusan.

Okeh cukup sekian dulu ulasan mengenai resep membuat pastel yang enak dan renyah, pada dasarnya cukup mudah karena bahan yang digunakan cukup mudah anda dapatkan di pasar atau minimarket terdekat, cara pembuatannya juga tidak terlalu rumit, dan peralatan yang digunakan merupakan peralatan yang pasti anda punya. Jadi tunggu apa lagi, yuk segera praktekkan...
Kalau udah buat dan udah mateng jangan lupa mimin dikirimi ya...

0 Response to "RESEP PASTEL ENAK & RENYAH"

Post a Comment