DENGAN CARA INI, BISNIS ONLINE ANDA BISA ADA DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE

 
Kemajuan teknologi informasi dan jaringan internet serta dukungan teknologi digital seperti smartphone sedikit mulai merubah pola jual beli dan transaksi yang sebelumnya menggunakan cara manual dan tatap muka, kini semua bisa dilakukan secara digital (online) tanpa harus saling bertemu satu sama lain dalam bertransaksi. Sistem pembayaran, sistem pembelian, sistem pengiriman semua bisa dilakukan secara online dan anda sebagai konsumen bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun.

Seiring berjalannya waktu bisnis jual beli juga mulai bergeser ke dunia online, hal ini tentu harus dilakukan mengingat para konsumen juga telah merubah cara berbelanjanya dari offline menuju online. Jika para kalangan penjual tetap bersihkerar berjualan online, lama kelamaan merekapun akan kehilangan pembeli juga. Keadaan inipun juga ikut menggeser persaingan usaha yang terjadi di dunia offline dan memunculkan persaingan ketat di dunia online. Persaingan tersebut adalah persaingan menjadi prioritas di mesin pencarai semisal google, dimana ia memiliki algoritma untuk merangking situs online serta memilahnya dan hanya menampikan situs yang layak saja untuk berada di halaman pertama hasil pencarian.

Mengetahui adanya algoritma yang mengatur munculnya situs di halaman pertama tentu menjadikan para pengelola akun mencari cara agar situs online mereka bisa mendapat kesempatan berada di halaman pertama google. Kenapa harus di halaman pertama? Misalnya saja anda ingin mencari sesuatu, sebagai contoh anda ingin membeli sepatu, lalu anda ketikkan di kolom pencarian google kata kunci "sepatu", maka akan muncul ribuan situs yang memiliki kata kunci tersebut, anda sebagi pencari tentu akan membuka situs-situs yang muncul di halaman pertama lebih dulu, benar kan? Oleh karena itu kesempatan situs anda dibuka oleh konsumen akan lebih besar jika situs anda berada di halaman pertama hasil pencarian.

Lalu bagaimana sebuah situs bisa mendapatkan posisi berada di halaman pertama hasil pencarian? Langkahnya adalah memenuhi persyaratan yang sesuai dengan algoritma yang dimiliki oleh google, algoritma itu sendiri adalah sebuah program yang berjalan di latar belakang mesin pencarian google yang fungsinya memfilter, memilah, menyeleksi, mengelompokkan lalu merangking situs-situs yang ada dan menempatkan situs dengan rangking terbaik berada di halaman pertama hasil pencarian google. Kita tidak bisa tahu, program seperti apa itu, karena ia berjalan secara otomatis seperti program dalam komputer, namun kita bisa mempelajari polanya melalui situs yang berhasil muncul di halaman pertama.

Dengan mempelajari pola yang dimiliki situs-situs yang muncul di halaman pertama, maka munculah sebuah istilah SEO (Search engine optimation). SEO merupakan sebuah teknik untuk mengoptimalkan situs yang kita kelola agar memenuhi syarat yang dimiliki oleh algoritma google dan berhasil menaikkan situs kita menjadi berada di halaman pertama hasil pencarian google. Untuk bisa menggunakan teknik SEO pada situs yang ada kelola maka anda perlu Memahami Apa Atu Optimasi SEO untuk Blog/Website terlebih dahulu. Anda juga perlu tahu Alasan Kenapa SEO itu Penting untuk Blog/Website Anda, dengan begitu anda menjadi lebih greget untuk menerapkan SEO pada situs anda.

Bagaimana Sebuah Transaksi Bisa Terjadi di Toko Online?
Anda tentunya sudah paham tentang bagaimana bertransaksi, secara ofline transaksi baik itu jual beli maupun transaksi keuangan (bayar-bayar) bakal terjadi jika ada pertemuan antar penjual/penyedia jasa dengan pembeli/konsumen. Jika tidak ada pembeli/konsumen yang datang ke outlet anda tentu saja tidak akan terjadi yang namanya transaksi. Sama saja dengan bisnis online transaksi hanya akan terjadi jika ada pengunjung ke situs anda atau dalam istilah online disebut "Traffic"

Jika situs anda sepi pengunjung alias tidak ada traffic maka mustahil akan terjadi transaksi, kalaupun ada pengunjung belum tentu terjadi transaksi, apalagi kalau situs anda tidak ada pengunjung sama sekali. Ibaratnya anda membuka toko ditengah hutan rimba lalu berjualan disana, tentu saja tidak akan ada yang beli, mau anda poles sebagus apapun toko anda, mau jualan produck bestseller sekalipun, kalau tidak ada yang datang ke toko anda ya artinya tidak akan ada transaksi yang terjadi.

Di dunia per-onlinan setidaknya ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan pengunjung ke situs anda, yaitu:
  1. Cara berbayar, dengan memanfaatkan jasa periklanan seperti google ads, facebook ads, iklan dan lain sebagainya, namun cara ini membutuhkan budget modal yang lumayan.
  2. Cara gratis, dengan menggunakan teknik SEO, sebagaimana yang sudah saya jelaskan diatas, cara ini bisa dipelajari dan cukup efektif untuk diterapkan.
 
Keuntungan Teknik SEO
SEO (Search Engine Optimation) merupakan cara terbaik dalam meningkatkan jumlah pengunjung / traffic ke situs anda. Ada beberapa alasan penting kenapa teknis SEO adalah cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung/traffic ke situs anda, diantaranya:
  1. SEO tidak butuh banyak biaya
  2. SEO merupakan traffic gratis
  3. SEO Tidak perlu keluar biaya untuk membayar jasa iklan
  4. SEO bisa bertahan untuk jangka panjang
  5. Pengunjung sangat tertarget
 
Untuk mengetahui lebih detail kenapa SEO itu penting untuk situs anda, baca juga artikel Alasan Kenapa SEO Penting untuk Blog/Website anda.

0 Response to "DENGAN CARA INI, BISNIS ONLINE ANDA BISA ADA DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE"

Post a Comment