CARA MENGAMBIL STATUS WHATSAPP ORANG LAIN DAN SIMPAN DI GALERY

 
Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi yang kini banyak digunakan oleh pengguna smartphone android untuk keperluan komunikasi. Kemunculan whatsapp kemudian telah menggeses penggunaan telephone pulsa, SMS dan juga Blackberry yang sebelumnya menjadi perangkat wajib dalam berkomunikasi dengan orang lain. Whatsapp secara fungsi telah memiliki ketiga unsur tadi, yaitu SMS dengan whatsapp chat, telephone denga whatsapp call dan Blackberry dengan whatsapp status. Whatsapp tidak hanya bisa untuk mengirim pesan tulisan atau pesan suara saja, tapi juga bisa mengirim gambar, dokumen, link bahkan mengirim video dan pesan suara yang direkam. Adanya whatsapp group dan status whatsapp kemudian menjadikan aplikasi ini menjadi media sosial yang paling banyak digunakan dan paling aktif di dunia.

Pada pembahasan kali ini saya akan fokus untuk menyoroti tentang status whatsapp, dimana fitur yang satu ini merupakan fitur yang paling populer saat ini. Status whatsapp ini juga mulai sedikit menggeser penggunaan media sosial lain seperti facebook, twitter atau instagram. Status whatsapp banyak digunakan oleh pengguna aplikasi ini untuk berbagi cerita dalam bentuk foto, video, tulisan, sticker, Gif, link dan lain sebagainya. Status whatsaapp juga banyak digunakan untuk menuangkan perasaan saat ini, membagikan aktivitas harian, serta banyak juga yang menggunakannya sebagai media marketing untuk menawarkan bisnis/jualan produk yang sedang dijalankan para pengguna whatsapp. Status whatsapp ini akan terposting selama 24 jam saja, setelah itu akan terhapus dengan sendirinya. Status whatsapp ini hanya bisa dilihat oleh teman anda yang sama-sama menyimpan nomor kontak, baik anda atau teman anda sama-sama menyimpan nomor HP di kontak smartphonenya.

Ketika anda melihat story dari status teman-teman anda adakalanya anda ingin menyimpan status tersebut karena anda tertarik dan ingin memilikinya juga dan digunakan pada status kita sendiri. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan dan banyak diterapkan oleh pengguna whatsapp adalah dengan melakukan screnshot pada status tersebut, namun dengan cara ini anda perlu mengedit hasil screenshot tersebut sehingga mendapat gambar yang diinginkan. Cara ini memang mudah tapi anda perlu sedikit direpotkan dengan edit hasilnya terlebih dahulu sebelum anda posting sebagai status pribadi anda. Kekurangan dari cara ini ada kemungkinan sebagian gambar harus ikut terpotong saat anda mengedit, selain itu kualitas gambar juga akan menurun dan kurang jelas. Lalu bagaimana jika yang ingin anda simpan adalah file videonya, tentu tidak bisa jika anda screenshot, yang mungcul hanya hasil tangkapan layarnya saja.

Untuk mengambil status whatsapp berupa video dari status orang lain sebenarnya cukup mudah dilakukan. Setidaknya ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan video status dari whatsapp temen kita, yaitu melalui penyimpanan dan menggunakan aplikasi pengunduh status whatsapp. Lalu bagaimana cara menggunakannya, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini:

Melalui Folder Penyimpanan
Status whatsapp pada dasarnya jika telah kita lihat maka secara otomatis akan terdownload dan tersimpan di dalam penyimpanan HP kita. Namun ada juga kasus dimana beberapa merk HP ternyata tidak mendukung fitur ini, artinya foto maupun video status tidak tersimpan dalam perangkat. Jadi untuk memastikan apakah handphone anda memiliki fitur penyimpanan ini, coba anda periksa lebih dulu. Anda bisa membukanya melalui aplikasi "file manager" yang terinstal di HP anda, beberapa merek HP mungkin memiliki nama yang berbeda, seperti File, Penyimpanan, Folder dan lain sebagainya, coba cek di HP anda apa namanya. Adakalanya saat membuka file manager, kita tidak menemukan file yang dicari, apabila file manager Anda belum menampilkan seluruh file, cobalah aktifkan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Cari opsi “tampilkan berkas tersembunyi” yang ada di setting atau pengaturan pada File Manager. Untuk langkah langkah lebih detailnya akan dijelaskan sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah silahkan anda buka File Manager yang ada di perangkat HP anda, biasanya untuk File Manager akan memiliki simbol atau logo berwarna kuning atau putih dengan gambar folder. Namanya tidak selalu file manager, di beberapa merk HP namanya Penyimpanan, File, Folder dan lain sebagainya.
  2. Jika File Manager sudah ketemu, selanjutnya anda buka aplikasi tersebut, lalu pilih dan buka memori internal/memori perangkat.
  3. Setelah membuka memori internal, kemudian anda cari folder bernama Whatsapp. Buka folder tersebut, maka anda akan melihat data-data Whatsapp yang tersimpan didalam.
  4. Setelah menemukan folder whatsapp, coba anda buka dan cari folder "Media", setelah itu buka folder ".Statuses", nah disinilah letak seluruh status whatsapp yang sudah kita lihat/tayangkan.
  5. Anda tinggal pilih file foto atau video mana yang ingin anda gunakan, jika ingin anda gunakan sebagai status maka tinggal anda share, namun jika ingin anda simpan maka silahkan di copy dan paste/pindahkan ke folder penyimpanan lain yang anda inginkan.
  6. Selesai. Itulah tahap-tahap menyalin/mengambil foto atau video status teman anda. Silahkan dipraktekan.

Melalui Aplikasi Downloader
Jika seandainya smartphone yang anda miliki tidak mendukung penyimpanan status di File Manager, maka anda bisa menggunakan cara yang kedua ini. Kali ini untuk mendapatkan file status temen anda, kita butuh perangkat tambahan, yaitu berupa aplikasi yang bernama "Status Saver". Aplikasi Status Saver akan membantu anda untuk bisa mendownload/mengunduh foto dan video status whatsapp dengan mudah untuk disimpan di galeri smartphone anda. Cara penggunaanya juga sangat mudah dan bagi anda yang cukup awam terhadap aplikasi, anda tidak perlu khawatir, karena saya pastikan anda tidak akan kesulitan saat menggunakannya.

Setelah tadi kita membahas bagaimana caranya menemukan foto atau video status whatsapp yang tersimpan dalam perangkat smartphone, kali ini kita akan membahas langkah-langkah mengunduh foto dan video menggunakan aplikasi Status Saver. Bagaimana caranya, yuk kita simak penjabarannya di bawah ini:

  1. Instal aplikasinya terlebih dahulu, anda bisa mencarinya di Google Playstore, cari aplikasi Status Saver, lalu instal
  2. Setelah aplikasi terpasang, silahkan buka aplikasinya. Pada halaman pertama anda bisa memilih opsi untuk mendownload foto atau video, silahkan pilih sesuai status yang ingin anda unduh
  3. Selanjutnya anda bisa memilih status whatsapp mana yang ingin anda download/simpan. Setelah anda pilih, kemudian anda tinggal tap tombol "Download" yang berada di sisi bawah
  4. Selesai. Anda bisa melihat hasilnya di galeri HP anda. Selamat mencoba

Nah, demikian tadi sedikit pembahasan bagaimana cara kita untuk bisa mendapatka status whatsapp yang diposting orang lain untuk kita simpan di perangkat HP kita. Silahkan anda pilih metode mana yang memungkinkan untuk anda pakai, lalu silahkan praktekkan langkah-langkah yang telah saya ulas diatas. 

Kita berharap kedepannya aplikasi Whatsapp terus menambah fitur-fitur baru yang akan kita butuhkan untuk semakin memudahkan kita dalam menjalin komunikasi dengan keluarga, sahabat atau untuk urusan bisnis. Termasuk kita juga berharap kedepannya fitur download status ini ada di aplikasi whatsapp terbaru, setuju kan? Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat.

0 Response to "CARA MENGAMBIL STATUS WHATSAPP ORANG LAIN DAN SIMPAN DI GALERY "

Post a Comment