ALASAN KENAPA SEO PENTING UNTUK BLOG/WEBSITE ANDA

 
SEO kini tengah menjadi salah satu istilah yang paling populer dan paling banyak dicari saat ini terutama bagi pemilik blog/website. SEO (Search Engine Optimation) merupakan istilah dari aktivitas dimana para pemilik blog/website melakukan usaha untuk meningkatkan rangking blog/website mereka di mesin pencari. Rangking ini tujuannya adalah agar ketika pengguna internet mencari sebuah kata kunci di kolom pencarian, maka blog/website anda menjadi prioritas utama untuk tampil di halaman muka hasil pencarian. Maka dari itu SEO merupakan hal yang sangat penting dan perlu diupayakan oleh para pemilik blog/website. Mungkin bagi anda yang belum lama bergelut di dunia pengembangan blog/website, tentunya akan bertanya-tanya, "apa sih pentingnya ?". Dibawah ini saya akan uraikan beberapa alasan kenapa SEO itu penting, dan ini secara otomatis akan menjawab pertanyaan anda tadi, yuk kita simak.

Untuk lebih memahami apa itu SEO dan cara kerjanya, anda bisa simak di artikel "Memahami Apa Ito Optimasi SEO Untuk Blog/Website"
 
Pada dasarnya saat blog/website anda telah memenuhi SEO, dimana itu terlihat pada dihalaman berapa blog/website anda muncul di hasil pencarian, anda akan tahu di peringkat/rangking berapa blog/website anda saat ini. Pada dasarnya semakin tinggi rangking kemunculan blog/website di halaman hasil pencarian, maka akan lebih mudah bagi blog/website anda untuk mendatangkan visitor/pengunjung. Jika blog/website anda merupakan akun bisnis/jualan, tentu banyaknya pengunjung merupakan jalan utama bisnis/jualan anda mendapatkan closing. Sedangkan untuk blog/website yang telah terdaftar google adsense, dimana anda telah bermitra untuk menampilkan iklan, banyaknya pengunjung merupakan jalan bagi anda untuk semakin banyak mendapatkan penghasilan dari iklan (pay per click). Dan tentu saja masih banyak lagi keunggulan yang perlu anda ketahui untuk bisa membuat bisnis/jualan online anda yang menggunakan blog/website mendapatkan kesuksesan.

Untuk menerapkan SEO untuk blog/website, anda harus terus update syarat SEO yang selalu diperbarui dari waktu ke waktu oleh mesin pencari. SEO ini tentunya akan memberikan pengaruh yang cukup besar untuk mensuport perkembangan blog/website anda terutama yang anda gunakan untuk bisnis/jualan online. Perlu beberapa usaha untuk bisa membuat blog/website SEO, usaha inipun harus anda lakukan tidak hanya sekali saat membangun blog/website, tapi usaha ini harus anda lakukan terus-menerus tanpa henti, terlebih jika mesin pencari rutin melakukan update. Oleh karena itu, agar anda terus bersemangat dalam melakukan upaya/usaha tersebut, berikut akan saya ulas beberapa alasan kenapa sebuah blog/website HARUS SEO, yuk kita simak.

1. Internet Adalah Tempat Mencari Segala Sesuatu

Perkembangan tekhnologi saat ini semakin memberikan kita kemudahan di segala hal, terlebih dengan kemunculan smartphone. Smartphone bukan sekedar alat komunikasi seperti HP jaman dahulu, kini melalui smartphone segala informasi bisa kita dapatkan dengan mudah, ini tidak lain dan tidak bukan karena smartphone langsung terkoneksi dengan jaringan internet. Perkembangan ini kemudian mulai ikut menggeser perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Sebelumnya orang-orang musti membaca buku, nonton TV atau mendengar radio untuk mendapat informasi, penerima informasi terkesan pasif (hanya menerima saja), tapi lain dengan sekarang dimana penerima informasi justru yang aktif mencari informasi yang mereka inginkan, informasi yang lengkap dalam waktu yang singkat, disitulah internet menjadi tujuan utama mencari. 

Coba ingat-ingat, kemana anda mencari informasi tempat wisata, tempat makan, berita virral terupdate, kata-kata sulit, materi pelajaran, atau resep makanan, yang terbesit dikepala anda tentunya mesin pencari (contohnya mbah google). Di mesin pencari, anda cukup ketikkan kata kunci yang ingin anda cari tahu, lalu secara cepat mesin pencari memunculkan berbagai situs blog/website yang memuat informasi dengan kata kunci yang anda tuliskan tadi, ribuan jumlahnya. Sadar atau tidak sadar, blog/website yang anda buka pasti yang muncul di halaman pertama baris paling atas, dan dari sana anda sudah menemukan informasi yang anda inginkan. Bagi blog/website di urutan ke 100 atau ke 1000 mustahil tersentuh oleh anda. Mesin pencari telah memiliki Algoritma, dimana ia bisa memilah, merangking dan mengelompokkan blog/website mengikuti kata kunci yang dicari, hingga nanti ditampilkan di halaman hasil sesuai rangkingnya.

Inilah salah satu alasan kenapa anda perlu menerapkan SEO dalam mengelola blog/website anda, yaitu agar peringkat nada berada di posisi teratas. Dengan menerapkan SEO, blog anda akan dengan mudah ditemukan oleh pencari informasi, pelanggan (jika anda jualan), mitra bisnis (jika anda mengembangkan situs bisnis) dan pembaca (jika anda banyak memposting artikel). Ingat bahawa semakin tinggi jumlah visitor ke blog/website anda maka akan semakin tinggi rangking anda di mesin pencari dan tentunya bisnis anda juga akan lebih mudah berkembang pesat. Oleh sebab itu, sesuai fungsi dari SEO yang sudah kita bahas, untuk membuat konsumen atau pelanggan menemukan blog Anda diperlukan teknik SEO. Teknik SEO dalam website yang Anda kelola akan menemukan para konsumen yang potensial. 

2. Meningkatkan Traffic Secara Organik
Sebagian pemilik atau pengelola blog/website berusaha agar situs yang mereka buat diketahui oleh target visitor/pengunjung. Beberapa dari mereka melakukan promosi melalui media sosial, mengenalkannya di forum atau group online dan lain sebagainya dengan tujuan agar blog/website mereka mendapatkan banyak pengunjung. Akan tetapi banyak yang tidak mengetahui bahwa sumber traffic yang terbaik justru bersumber dari pencarian di mesin pencari, artinya orang tidak tahu blog/website anda tapi mengunjungi situs anda karena muncul di hasil pencarian mesin pencari. Proses traffic semacam itu sering disebut sebagai "Traffic Organik", yaitu anda ditemukan oleh visitor tanpa mengenalkan alamat situs anda ke visitor tersebut, mereka mendapatinya melalui mesin pencari.

Traffic Organik yang dilakukan oleh para pengunjung internet untuk mendapatkan informasi melalui mesin pencari merupakan sumber utama lalu lintas (traffic) bagi blog/website anda secara organik. Meningkatnya traffic organik akan memberikan banyak keuntungan dan metode ini disinyalir sebagai metode yang paling tepat dan sehat dalam mendapatkan pengunjung. Oleh karena itu, demi memperoleh traffic organik ini anda perlu menerapkan SEO kepada blog/website yang sedang anda kelola.

3. Membangun Kepercayaan
Kepercayaan disini harus mulai dibangun sejak awal pembuatan blog/website, dimana semua yang anda posting di dalamnya merupakan konten yang dapat dipertanggung jawabkan. Kenyamanan pengunjung saat membaca dan mencari informasi di blog/website anda sangat dibutuhkan, tujuannya aga pengunjung betah berlama-lama menikmati informasi yang anda sajikan, sehingga semakin nyaman pengunjung memungkinkan mereka untuk membaca tidak hanya satu artikel tapi lebih dari itu. Buatlah artikel yang berkualitas, menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami, tulisan original anda sendiri bukan dari hasil comot atau copy paste dari artikel blog/website lain serta memiliki sumber yang terpercaya, bukan asal tulis dan asal membuat teori, sekalipun artikel anda tentang opini, tetap gunakan kaidah ilmu yang dapat dipercaya.

Melalui langkah-langkah SEO tersebut, blog/website anda akan mendapat peringkat atas dan dengan begitu memungkinkan untuk dijadikan "Backlink". Backlink adalah saat dimana artikel yang anda tulis dalam situs blog/website anda digunakan sebagai referensi oleh blog/website yang telah populer, mereka menempatkan link alamat website anda di tulisan mereka. Hal ini tentu akan menambah visitor ke blog/website anda serta semakin meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap apa yang anda sajikan. Namun yang perlu anda ingat, untuk mencapai itu semua dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan perlu usaha yang dilakukan secara berkala untuk membangun kepercayaan pengunjung tersebut. 

4. Memberi Pengalaman Berkunjung Para Visitor
Blog/website merupakan tempat untuk berbagi informasi dimana didalamnya anda sebagai pemilik akan menyediakan sumber informasi berupa artikel/bacaan yang memuat informasi lengkap dan terpercaya. Jadi pada prinsipnya, pengunjung akan betah dan bahkan kembali lagi dikemudian hari jika mereka mendapatkan informasi yang lebih dari blog/website anda dibandingkan ketika mereka berkunjung ke blog/website yang lain, disinilah mereka mendapatkan pengalaman berkunjung yang mereka inginkan

Bayangkan jika anda adalah orang yang sedang mencari informasi melalui mesin, apa yang ingin anda peroleh dari sebuah blog/website yang anda buka? Tentunya anda ingin mendapat informasi yang lengkap dalam satu blog sekaligus, informasinya menggunakan bahasa yang baik, sehingga mudah dipahami saat dibaca. Dari keinginan sebagai pengunjung itulah anda bisa menyusun sebuah langkah bagaimana seharusnya blog/website anda bisa menjadi blog/website yang nyaman dan memberikan pengalaman berkunjung bagi para visitor nantinya. Jadi selain SEO friendly yang harus anda terapkan, anda juga perlu membangun sebuah blog/website yang User Friendly.

5. Memunculkan Peluang Baru
Salah satu manfaat yang bisa anda terima jika blog/website anda SEO adalah meningkatnya brand awareness, yaitu menguatkan eksistensi blog/website anda di dalam persaingan di dunia literasi online. Dengan blog/website yang SEO anda juga bisa dengan mudah untuk mengkonversi visitor menjadi pelanggan (jika anda membangun blog bisnis/penjualan). Alasan lain kenapa blog harus SEO yaitu peluang untuk bermitra dengan Google Adsense. Anda pasti sering menemukan beberapa blog/website yang di dalamnya memuat iklan, baik di dalam artikel atau beranda dipenuhi iklan yang tidak lain dan tidak bukan berasal dari kemitraan dengan Google Adsense. Melalui iklan ini pengelola blog/website akan mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut, semakin banyak yang meng-klik link dalam blog/website anda, maka semakin banyak pundi-pundi penghasilan yang akan anda terima. 

Membangun SEO memang butuh ketekunan dan usaha yang tidak mudah, namun melihat keuntungan yang akan anda dapatkan, tentu usaha dalam membuat blog/website agar SEO bukanlah usaha yang akan sia-sia, semua manfaatnya akan kembali kepada anda juga. Jadi tidak ada alasan lagi buat anda untuk menolak menjadikan blog/website anda SEO, tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari blog dengan memahami dan mempraktekkan SEO pada saat mengelola blog atau website. Untuk memahami bagaimana cara kerja SEO bukanlah suatu hal yang sulit/rumit, anda hanya perlu melakukan upaya tersebut disertai dengan ketekunan guna memaksimalkan beberapa teknik SEO. Anda bisa mendapatkan informasi tentang SEO yang banyak dibahas di beberapa website atau youtube, anda bisa mempelajarinya sembari mempraktekannya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "ALASAN KENAPA SEO PENTING UNTUK BLOG/WEBSITE ANDA"

Post a Comment