5 TIPS MENJALANKAN BISNIS DARI RUMAH

 

 
Hingga saat ini sudah sekitar hampir 9 bulan kita musti membatasi diri untuk melakukan aktivitas di luar rumah dan membatasi untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Hampir seluruh masyarakat merasakan dampak dari pandemi virus corona ini. Sebagian mengharuskan untuk melakukan rutinitasnya dirumah, mulai dari sekolah daring, work from home hingga kegiatan usaha sedikit terhambat oleh pembatasan sosial ini.

Disisi lain ada beberapa masyarakat yang harus berhenti bekerja karena bidang pekerjaannya terpaksa harus berhenti, sebagian yang lain juga harus bekerja secara bergilir untuk mengurangi jumlah kerumunan dan sebagian yang lain tetap bekerja secara daring dari rumah. Tak hanya industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata semua melakukannpembatasan diri untuk menjaga serta berharap usaha tersebut dapat segera menghentikan penyebaran pandemi ini.

Di tengah kemajuan internet dan smartphone seperti saat ini, banyak masyarakat yang terbantu untuk terus melanjutkan usahanya meski tanpa harus berada di luar rumah dan berinteraksi dengan yang lain. Namun meski begitu, ternyata masih banyakusaha yang harus kehilangan pemasukan karena mereka tidak paham tentang menjalankan bisnis secara daring/online. Bagi yang sudah terbiasa dengan bisnis online tentu mudah melalui situasi ini, sedang untuk yang baru terjun tentu membutuhkan pengetahuan yang baru juga tentang bisnis online.

Untuk membantu anda yang ingin memulai atau meeruskan usahanya ditengah pandemi ini, sembari menjalankan anjuran "di rumah aja", berikut saya akan bagikan beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk usaha/bisnis anda yang terpaksa harus jalan dari rumah, apa saja tipsnya, yuk kita simak berikut ini:

1. MENYESUAIKAN DENGAN KONDISI
Mengingat kondisi yang kurang bersahabat seperti ini, dimana semua orang melakukan aktivitas dan pekerjaannya dari rumah, maka bisnis andapun musti disesuaikan dengan kondisi ini, yaitu tanpa keluar rumah, tanpa bertemu, dan tanpa transaksi tunai. Lalu bagaimana caranya agar anda tidak kehilangan pelanggan meski harus mengubah total cara pemasarannya dan justru malah bisa menambah pelanggan baru. Salah satu yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan dunia online (go online).

Manfaatkan media tempat dimana para pelanggan atau calon pelanggan anda berkumpul, yaitu social media seperti instagram, twitter, whatsapp atau facebook. Buat pemasaran melalui media sosial tersebut, agar lebih menarik berikan promo potongan harga, gratis ongkir, dan penawaran lainnya yang bisa menarik minat para pelanggan lama maupun baru. Lakukan promosi secara rutin dan terjadwal agar usaha anda cepat dikenal dan mudah ditemukan calon pelanggan.

2. TENTUKAN BISNIS YANG RELEVAN
Selain belajar dan melakukan pemasaran secara rutin, anda juga harus berfikir tentang produk yang relefan dengan kondisi saat ini. Kondisi pandemi ini, selain membatasi ruang gerak masyarakat juga ikut menyurutkan perekonomian sebagian besar masyarakat. Sehingga tentu saja mereka musti bertahan hidup ditengah perekonomia yang tidak menentu dan tentu saja mereka akan melakukan penghematan besar-besaran. Jika keadaanya seperti ini, barang-barang yang sekiranya tidak terlalu penting, tidak akan mereka lirik/beli sementara waktu ini.

Dalam keadaan seperti ini anda harus berfikir, usaha apa yang cocok dijalankan di masa krisi ini? Anda bisa mempertimbangkan apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat? Apakan produk dan jasa yang anda tawarkan dapat dijamin kebersihan dan kehiegienisannya? Apakah produk yang anda tawarkan akan tetap aman hingga diterima oleh pelanggan? Usaha apa saja yang anda lakukan untuk menjamin produk anda benar-benar bersih, hiegienis, aman dan berkualitas.

Hal-hal diatas selain untuk saling menjaga keselamatan anda dan pelanggan, juga akan meningkatkan awareness bisnis kita, dimana para pelanggan akan lebih percaya bahwa bisnis anda sudah ccukup layak untuk diterapkan di masa seperti ini. Kepercayaan pelanggan menjadi hal yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis anda. Selain itu anda juga perlu memikirkan strategi bisnis agar usaha anda ini tetap terus bisa berjalan bahkan sampai saat dimana pandemi ini sudah berakhir. 

3. BISNIS TETAP BERJALAN MESKI PANDEMI BERAKHIR

Salah satu hal yang perlu kita ingat bahwa kemungkinan besar aktivitas bisnis online akan menjadi kebiasaan baru, bahkan mungkin dimasa mendatang bisnis online akan menjadi hal yang akan terus ada dan berkembang di tengah masyarakat. Oleh karena itu perlu ada perencanaan yang matang mulai saat ini dan terus dikembangkan hingga nanti pendemi ini berakhir. Terus lakukan promosi dan mulai gunakan perangkat-perangkat aplikatif yang bisa membantu bisnis anda menjadi semakin maju dan berkembang lebih baik.

Perusahaan fintech tentunya mengalami peningkatan pesat berkat situasi ini. Akan tetapi, bisnis yang mengharuskan adanya interaksi dengan para pelanggan tentunya juga akan mendapatkan dampak ini hingga nanti pandemi berakhir. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan yang matang, baik untuk kondisi sekarang dan setelah pandemi ini berlalu. 

4. LAKUKAN IDENTIFIKASI TANTANGAN
Tahap awal yang dapat anda lakukan dalam membuat sebuah perencanaan bisnis adalah dengan melakukan identifikasi tantangan-tantangan yang kemungkinan akan kita temudi di kemudia hari nanti. Langkah awal untuk melakukan identifikasi tantangan adalah dengan membuat sebuah sekenario yang mungkin terjadi pada bisnis anda, lalu buat juga solusi untuk kemungkinan terbaik dan juga untuk kemuungkinan terburuknya.

5. KOMUNIKASI
Pastinya akan ada perbedaan yang dapat kita rasakan manakala kita harus melakukan komunikasi dan transaksi secara online, dan mungkin juga akan mempengaruhi performa kerja semua pihak yang selama ini terlibat. Maka, sistem komunikasi yang tepat perlu dilakukan dengan strategi tertentu. Beberapa tools yang dapat membantu anda dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan atau tim anda meski tetap dirumah diantaranya Google Meets, Microsoft Team, atau Zoom Metting dan lain sebagainya.

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk terus menggerakkan bisnis anda walaupun harus dijalankan dari rumah. Saat ini kita semua merasakan dampak ini secara luas, saya, anda dan mereka sama-sama merasakan kesulitan menghadapi kondidi ini.Oleh karena itu jangan patah semangat, teruslah berjuang dan jangan lupa untuk bersabar dan berdo'a agar kita terus diberi kesehatan oleh Tuhan yang maha kuasa.

0 Response to "5 TIPS MENJALANKAN BISNIS DARI RUMAH"

Post a Comment