MEMAHAMI APA ITU OPTIMASI SEO UNTUK BLOG/WEBSITE

 
Dunia blog dan website saat ini mulai dilirik oleh kalangan netizen ditengah semakin ramainya media sosial dan youtube, hal ini karena mulai maraknya jualan sistem online dan mulai dikenalnya google adsense yang bisa memberi penghasilan kepada pemilik blog atau website setelah mendapat kerjasama periklanan dengan google. Namun ada hal yang perlu dilakukan oleh pemilik blog atau website agar media tersebut mampu bersaing ditengah banyaknya blog dan website yang ada di dunia, untuk itu kita perlu memahami SEO (Search Engine Optimation).

PENGERTIAN SEO
Bagi yang belum tahu, SEO (Searh Engine Optimation) sendiri dapat dipahami sebagai langkah atau aktivitas yang dilakukan pemilik blog/website untuk mengoptimalkan blog/website tersebut agar supaya mesin pencari (search engine) dapat menilai apakan blog/website tersebut layak atau tidak untuk ditampilkan di posisi teratas dari hasil pencarian. Itulah kenapa ada yang membangun blog/website sekian lama, artikel yang ditulis bagus, tampilan bagus, namun ketika dicari melalui search engine (mesin pencari) tidak ditemukan di halaman pertama atau kadang malah tidak muncul sama sekali. 

Satu hal yang harus kita pahami bahwa SEO bukanlah aktivitas yang selesai dalam sekali waktu saja, namun ia merupakan proses yang harus terus-menerus dilakukan tanpa henti. Blog/website yang SEO harus memenuhi persyaratan atau kualifikasi yang diperlukan oleh mesin pencari untuk menganalisis dan memberi peringkat terhadap blog/website yang sedang anda bangun, persyaratan atau kualifikasi mesin pencari tersebut biasa dinamakan sebagai Algoritma. Algoritma mesin pencari seperti google selalu diupdate tiap tahunnya, sehingga untuk mempertahankan posisi peringkat blog/website, kitapun juga harus rutin mencari tahu algoritma yang berubah di setiap updatenya.

Mesin pencari (search engine) mengurutkan hasil pencarian bukan secara acak, namun didasarkan pada tingkat relevansi terhasap kata kunci yang sedang dicari serta mengurutkan kualitas blog/website yang ada. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan blog/website yang ada berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk blog/website anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari. Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan orang-orang yang ingin membeli produk. Jika anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung yang berasal dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar, berbeda dengan marketplace.

KONSEP DASAR SEO
Pada dasarnya mesin pencari seperti google, bing, yahoo dan lain sebagainya merupakan sebuah produk layanan, dan tentu saja mereka ingin pelayanannya dapat memuaskan para pengguna mesin pencari tersebut sehingga menjadi satu-satunya yang memenangkan persaingan dengan mesin pencari lainnya. Anda sebagai pengguna tentu ingin mendapatkan website yang memuat konten sesuai dengan kata kunci yang anda masukkan sehingga anda benar-benar mendapatkan informasi yang paling relevan/cocok. Jadi intinya untuk mendapatkan SEO pada blog/website anda, anda harus menuliskan/membuat konten yang terbaik, sesuai dengan kata kunci, dapat dipercaya, dan berbobot.

Misalkan saja, anda ingin mencari maksud dari sebuah "kata baru" melalui mesin pencari, tentu anda pasti ingin mendapatkan informasi yang lengkap tentang "kata baru" tersebut, mulai dari pengertiannya, sejarahnya, fungsinya, dan keterangan lain yang dapat menjelaskannya secara rinci dan lengkap. Gambaran ini dapat anda jadikan panduan dalam membuat konten di blog/website, kuncinya yaitu ulasan anda lengkap, relevan dengan kata kunci, informasinya dapat dipercaya dan mudah dipahami (bahasa yang baik) serta memuat berbagai hal yang menunjang penjelasan tersebut.  

CARA KERJA SEO
Untuk bisa melakukan langkah-langkah agar blog/website SEO kita musti tahu dulu bagaimana cara kerja dari mesin pencari dalam menjalankan SEO-nya. Pada saat kita ingin mencari sesuatu melalui mesin pencari biasanya kita cukup menuliskan kata kunci di kolom "search", tinggal klik maka akan muncul ribuan hingga jutaan blog/website yang memiliki kata kunci tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah blog/website mana yang muncul di halaman pertama mesin pencari? Dalam hal ini Algoritma mesin pencari akan memastikan pengguna internet mendapatkan informasi yang relevan dari resource atau sumber tepercaya untuk setiap kata kunci yang kita ingin cari.

Seperti yang pernah kita alamai saat mencari sesuatu di mesin pencari, cukup ketikkan kata tertentu, seketika akan muncul hasil pencarian yang sesuai dengan kata yang kita ketikkan sebelumnya. Meski terlihat sederhana, namun proses yang terjadi di dalam mesin pencari tidak sesederhana itu. Setidaknya ada tiga proses utama yang terjadi ketika mesin pencari melakukan penelusuran untuk mendapatkan informasi yang relevan terhadap kata kunci yang kita ketikkan di kolom "serach", berikut ini prosesnya:

  1. CRAWLING, Proses ini terjadi pada tahap awal proses pencarian. Proses Crawling yaitu mesin pencari akan mengumpulkan informasi dari seluruh website yang ada, kemudian menelusuri kata kunci yang dicari dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya.
  2. INDEXING, Setelah proses pengumpulan informasi pada tahap Crawling selesai, web crawler akan menyimpannya di entry list, disebut juga index.
  3. RANKING, Hasil pencarian yang telah diindex akan dilakukan pengurutan peringkat, blog/website yang telah diperingkat akan ditampilkan secara berurutan, berdasarkan pada pencarian yang paling sesuai dengan kata kunci yang dicari.

PENERAPAN SEO
Setelah anda memahami pengertian dan cara kerja SEO, langkah selanjutnya adalah menerapkannya pada blog/website yang sedang anda bangun. Sekali lagi yang perlu kita ingat yaitu bahwa optimasi SEO ini merupakan proses yang harus dilakukan tanpa henti, mesin pencari akan selalu memperbarui algoritmanya, tujuannya adalah untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik. Oleh karena itu dalam menerapkan SEO kita harus menggunakan aturan algoritma yang terbaru, karena jika tidak maka blog/website yang kita bangun akan sulit untuk bersaing dan mendapat peringkat di halaman pertama mesin pencari. 

SEO sendiri ada 2 kategori, yaitu Onsite SEO dan Offsite SEO, apa pengertiannya? yuk kita simak penjelasannya berikut:

Onsite SEO
Sesuai dengan namanya "onsite" atau yang ada di dalam, maka proses optimasi yang dilakukan adalah elemen-elemen yang dimuat di dalam blog/website tersebut. Optimalisasi ini dapat berupa pengaturan dan penyesuaian segala hal yang dimuat blog/website sehingga menjadikannya mudah untuk ditemuka oleh mesin pencari. Beberapa contoh optimalisasi onsite adalah sebagai berikut:

  1. URL yang terformat dengan baik, sebaiknya gunakan domain sendiri bukan subdomain gratisan dari blogger
  2. Tidak ada kata kunci yang menyalahi aturan, baik aturan hukum maupun aturan google dan bukan usaha untuk memanipulasi peringkat blog/website di mesin pencari Google
  3. Struktur kalimat yang tertata
  4. Alt Text gambar
  5. Pengelolaan Sitemap
  6. Struktur heading yang tepat
  7. dan masih banyak yang lainnya

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengoptimalkan Onsite SEO? Simak penjelasannya di artikel berikut : Cara Optimasi "Onsite SEO" pada Blog/Website.

Offsite SEO
Seperti namanya "offsite" artinya yang ada di luar, maksudnya adalah faktor-faktor dari luar yang dapat digunakan agar blog/website kita SEO. Offsite SEO ini tidak begitu teknis jika dibandingkan dengan onsite SEO, namun pengaruhnya tetap penting dalam membangun blog/website yang SEO. Offsite SEO dalam hal ini tidak berhubungan secara langsung dengan aisi maupun struktur blog/website yang dibuat, kebanyakan berupa kegiatan mempromosikan blog/website agar netizen mengenal blog/website anda dan mengunjunginya.

Beberapa hal yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan Offsite SEO, diantaranya sebagai berikut;

  1. Content Marketing, konten sangat penting bagi suatu website, dan karena itulah, content marketing semakin sering digunakan belakangan ini.
  2. Promosi, jika dalam waktu yang cukup lama ternyata blog/website anda masih sepi pengunjung maka promosi menjadi jalan keluarnya, kenalkan dan informasikan blog/website anda ke publik dengan sosial media misalnya.
  3. Public Relation, bangun brand diri anda dengan begitu orang yang mengenal anda akan mencari tahu segala sesuatu tentang anda, termasuk blog/website yang anda miliki.
  4. dan masih banyak lagi yang lainnya

SEO adalah tool yang sangat penting untuk menaikkan visibilitas website Anda. Apabila saat ini Anda sedang bergelut di dunia bisnis, SEO akan mendatangkan lebih banyak trafik dan itu berarti akan ada banyak pelanggan atau pembeli. Untuk bisa membuat trafik yang tinggi, Anda harus menjalankan metode onsite SEO dan juga offsite SEO.

Dalam memahami SEO tentunya kita harus terus belajar dan tetap update informasi terbaru, agar kita tidak ketinggalan karena setiap saat selalu ada perubahan. Sekalipun sebagian besar tips dan trik berguna telah anda terapka , tetap saja akanmemberikan hasil yang berbeda. Salah satu alasannya yaitu algoritma mesin pencari yang selalu berubah. Selain itu, metode dan langkah-langkah optimasi SEO yang berhasil diterapkan di blog/website orang lain belum tentu memberikan hasil yang sama saat anda terapkan dalam membangun blog/website Anda.

Teruslah mendalami apa itu SEO, cara kerja SEO, dan cara menerapkannya. Jangan takut untuk mencoba atau bahkan mengeksplor setiap metode optimasi SEO yang ada. dan sebelum anda menerapkan SEO, anda musti mengetahui beberapa hal penting tentang blog/website, yaitu trafik, apa saja itu, berikut diantaranya:

  1. Quantity of traffic. Banyaknya pengunjung yang datang ke blog/website anda.
  2. Quality of traffic. Target pengunjung yang relevan dengan blog/website
  3. Organic traffic (traffic gratisan). Trafik yang diperoleh blog/website dari mesin pencari
 
Sekarang Anda sudah sedikit paham kenapa SEO menjadi hal yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan blog/website. Sekali lagi saya ingatkan bahwa untuk membuat blog/website SEO memerlukan proses yang tiada akhir dan berlangsung terus-menerus. Untuk lebih mengenal apa itu Search Engine Optimization (SEO) beserta cara menerapkannya, anda bisa membaca beberapa artikel yang ada di blog saya ini atau anda juga bisa mencari tutorial secara online yang bisa anda temukan baik di blog/website atau di youtube.

0 Response to "MEMAHAMI APA ITU OPTIMASI SEO UNTUK BLOG/WEBSITE"

Post a Comment