TIPS KECILKAN PERUT BUNCIT BUAT YANG MALAS OLAH RAGA

 

 
Memiliki perut rata, seksi atau atletis merupakan dambaan semua orang, selain terlihat anggun, perut rata juga memudahkan dan tidak mengganggu kita saat beraktifitas. Namun apa daya semakin bertambahnya usia, kesibukan yang tiada henti dan pola makan yang mulai sulit untuk teratur membuat perut kita makin lama makin membesar. Banyak orang mengatakan bahwa membesarkan perut itu gak perlu usaha, sedang mengecilkan perut perlu usaha yang ekstra.

Mengecilkan perut buncit secara umum biasa dilakukan dengan rutin berolah raga, memperbanyak gerakan fisik untuk membakar lemak yang menggumpal di perut. Namun, untuk membuat perut bi=uncit kita kembali rata pastinya membutuhkan waktu yang lumayan banyak dalam menjalani aktifitas berolah raga atau gerak fisik. Sedangkan diluar sana ada banyak orang yang kesulitan untuk meluangkan waktu berolahraga karena kesibukan yang dimilikinya.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan perut dengan tidak melakukan olah raga. Kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa anda praktekan sebagai usaha untuk mengecilkan perut anda dan ini bukan dengan berolah raga. Apa saja tips tersebut, yuk kita simak pembahasannya dibawah ini:

1. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat merupakan salah satu bahan yang terkandung dalam bahan makanan, biasanya sayuran dan buah, yang apabila dikonsumsi akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga dengan memperbanyak asupan serat, kita mampu menekan jumlah konsumsi / porsi makan setiap harinya, dengan begitu tumpukan lemak di perut tidak semakin bertambah. Serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga akan mengurangi perut kembung dan mencegah perut terlihat lebih buncit.

2. Makan Makanan Berprotein Tinggi
Sama seperti serat, protein dalam makanan yang kita konsumsi dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan berguna untuk menekan makan, ngemil dan lain sebagainya. Selain itu, dalam sebuah penelitian kecil ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti susu, telur, dan daging sapi, umumnya memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.

3. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Sebenarnya karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh kita, ibaratnya ia merupakan bahan bakar utama tubuh kita. Namun jika kita terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, keseimbangan antara energi masuk dan energi dikeluarkan tidak seimbang, sisa karbohidrat yang tidak jadi energi akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak, khususnya berada di paha dan perut. Untuk menjaga perut tetap rata, sebaiknya anda pilih karbohidrat kompleks seperti gandum utuh dan menghindari makan karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar biasa, atau pasta.

4. Mengurangi Asupan Kalori
Cara mengecilkan perut selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan kalori harian, supaya berat badan berlebih pun bisa dipangkas, begitu juga dengan ukuran perut. Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengurangi asupan kalori secara drastis. Sebab jika terlalu sedikit kalori yang masuk, maka metabolisme tubuh seperti penyerapan cairan, pembakaran lemak, maupun penyerapan nutrisi pun akan melambat.

5. Membatasi Konsumsi Garam
Garam yang masuk ke dalam tubuh kita bisa membuat penyerapan air di dalam tubuh menjadi terganggu, banyak cairan akan menumpuk terutama di area perut. Tentunya hal ini akan membuat perut anda kembung dan akan menambah kebuncitan perut anda. Maka dari itu kita perlu mengurangi konsumsi garam atau kita bisa mengganti garam biasa dengan garam yang kandungan sodiumnya lebih rendah. Untuk masakan anda bisa mengakalinya dengan menambahkan bumbu rempah-rempah agar makanan tetap terasa enak meskipun dengan penggunaan garam yang dikurangi.

6. Mengurangi Konsumsi Gula
Gula adalah salah satu penyebab paling umum seseorang memiliki perut buncit. Jadi, membatasi asupan gula bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut yang efektif. Asupan gula berlebih biasanya didapatkan dari minuman-minuman kemasan seperti teh kemasan, susu, soda, dan jus buah. Sehingga sebaiknya kita menghindari minuman tersebut jika ingin memiliki perut yang rata.

7. Minum Air Putih Yang Cukup
Kita bisa mencegah kembung dan kelainan penyerapan cairan di tubuh dengan banyak minum air putih. Selain itu, minum satu gelas air putih sebelum makan juga akan membantu kita merasa sedikit kenyang, sehingga porsi makan bisa dibatasi.

8. Tidur Yang Cukup
Seseorang yang kurang tidur, akan mengalami gangguan sistem hormonnya, dimana keseimbangannya berubah dan berefek pada tubuh yang lebih cepat lapar. Maka untuk membantu anda mengecilkan perut buncit, jangan begadang terus, tidurlah yang cukup yaitu sekitar 7 jan samapai 9 jam dalam sehari.

9. Jangan Stres
Orang yang sedang mengalami stres di dalam tubuhnya akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang berefek pada meningkatnya nafsu makan. Kalau nafsu makan meningkat otomatis anda akan makan terus dan terus hingga perut anda makin buncit. Jadi solusinya, hindari stres, caranya anda bisa berlibur, refresing atau melakukan hobi juga bisa dengan curhat ke orang-orang terdekat, dengan begitu stres anda bisa berkurang atau hilang.

10. Mengunyah Makanan Sampai Halus

Cara kita mengunyah makanan juga ternyata bisa berpengaruh terhadap ukuran perut. Sebab, jika ditelan dalam kondisi yang kurang halus, makanan tidak akan bisa dicerna dengan benar-benar sempurna. Akibatnya, perut rentan terasa kembung dan terlihat buncit.

11. Makan Secara Perlahan

Jika kita makan terlalu cepat, otak tidak punya cukup waktu untuk memberikan informasi bahwa tubuh sudah mengonsumsi terlalu banyak kalori. Makan terlalu cepat juga akan membuat kita menelan terlalu banyak udara dan gas, sehingga berisiko merasa kembung.

12. Memperhatikan Porsi Makan
Kunci agar terhindar dari perut buncit adalah dengan mengatur porsi makan, makanlah secukupnya jangan berlebihan hingga merasa kekenyangan, dan pastikan anda mengkonsumsi makanan sehat. Kita dianjurkan lebih banyak mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum dan yang mengandung asam lemak jenuh tunggal seperti alpukat, minyak zaitun dan kacang-kacangan.
 
13.Minum Kopi Pahit dan Teh Hijau
Minum teh hijau atau kopi tanpa gula dinilai dapat meningkatkan pembakaran kalori di tubuh. Selain itu, kedua minuman ini juga bisa mengurangi ukuran lingkar pinggang dan membuat perut terlihat lebih rata.

14. Kurangi Makanan Berlemak
Perut buncit itu sendiri merupakan tumpukan lemak berlebih yang ada dalam tubuh yang disimpan di area perut. Oleh karena itu anda harus mengurangi menkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, jerohan, santan dan lain sebaganya. Mulailah dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah segar.
 
15. Mengkonsumsi Cuka Apel
Asam asetat yang terkandung dalam cuka apel dipercaya dapat meluruhkan penumpukan lemak di tubuh. Meski begitu, penelitian mengenai hal ini baru dilakukan pada hewan uji, sehingga masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat dampaknya langsung pada manusia.

0 Response to "TIPS KECILKAN PERUT BUNCIT BUAT YANG MALAS OLAH RAGA"

Post a Comment