MENGHILANGKAN KARANG GIGI DENGAN CARA ALAMI

 

cara-merawat-dan-mengatasi-karang-gigi-dengan-mudah-agniamedia

Gigi merupakan bagian tubuh yang sangat penting, dimana fungsinya sebagai pengunyah makanan, menjadikan gigi sebagai jalan masuk mekanan ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu gigi musti dirawat dan dijaga kesehatannya, karena jika gigi kotor dan berpenyakit maka dipastikan makanan yang kita kunyah juga akan bercampur penyakit kemudian masuk ke tubuh kita.

Sebagian besar permasalahan pada gigi disebabkan oleh sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel serta terselip di sela-sela gigi. Ketika gigi tidak dibersihkan dengan baik dan teratur, maka kotoran dari sisa-sisa makanan tersebut akan menempel dan bertahan di sela-selanya, atau disebut juga dengan plak gigi. Plak gigi yang tidak segera dibersihkan akan terus menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi. Lebih parahnya kagi, karang gigi ini jika dibiarkan terus maka ia akan menjalar dan menyebabkan radang pada gusi.

Karang gigi pada tingkat tertentu akan menjadi sangat keras dan berwarna hitam, selain mengganggu kesehatan gigi tentunya ini akan membuat penampilan kita jadi kurang menarik. Kalau sudah ada karang giginya begini kita mau tersenyum atau tertawa tentu jadi tiddak percaya diri, terutama saat berkumpul dengan orang lain.

Bagi anda yang sudah terlanjur memiliki karang gigi tentu harus segera diatasi agar nantinya tidak memunculkan masalah kesehatan gigi lainnya. Bagi yang giginya masih bersih bukan berarti tenang-tenang saja, tapi harus terus merawat giginya agar terhindar dari karang gigi dan masalah gigi lainnya. Lalu bagaimana cara merawat gigi agar terhindar dari karang gigi dan juga bisa menghilangkan karang gigi jika sudah terlanjur ada? Yukk kita simak pembahasannya.

1. Menggosok Gigi Secara Rutin
Aktifitas menggosok gigi secara rutin mulai gencar diwacanakan bagi masyarakat sejak usia dini, baik lewat keluarga atau sekolahan. Pentingnya menggososk gigi ini perlu terus disadarkan dan dibiasakan sejak dini agar nantinya kegiatan menggosok gigi menjadi sebuah kebiasaan yang melekat dalam diri semua orang. Menggosok gigi rutin minimal dilakukan 2 kali sehari, namun menurut anjuran dokter gigi, menggosok gigi perlu dilakukan pada saat selesai makan dan sebelum tidur atau sekitar 4 kali sehari (jika kita makan tiga kali sehari).

Aktifitas menggosok gigi bukan hanya ditujukan untuk menghilangkan karang gigi tapi juga untuk mencegahnya semenjak gigi masih sehat dan bersih. Namun perlu diperhatikan bahwa menggosok gigi secara rutin saja tidaklah cukup, yang paling utama kita menggosok gigi juga harus dengan cara yang benar, agar supaya gigi dapat bersih secara sempurna.

Menggosok gigi yang benar, tidak boleh dilakukan dengan gerakan yang terlalu cepat atau terburu-buru. Cara menggosok gigi yang benar adalah dengan melakukan gerakan memutar dan menjangkau di setiap sela-sela gigi (untuk contoh visual anda bisa cari di youtube.com). Lebih mudahnya, dilakukan dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan kepala sikat yang ramping agar supaya dapat membersihkan sisa-sisa kotoran hingga ke sela-sela gigi.

2. Menggunakan Pasta Gigi dengan Flouride
Agar lebih bersih saat menggosok gigi, dianjurkan untuk menggunakan pasta gigi dengan Flouride. Kandungan Flouride dalam pasta gigi dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman yang mengandung asam. kandungan fluoride dalam pasta gigi juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami, termasuk membersihkan karang gigi dan memperbaiki kerusakan yang diakibatkannya pada gigi.

3. Flossing
Bagi yang belum tahu, Flossing adalah menggunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi. Kalau kita pernah membeli sikat gigi kita juga menemukan alat pembersih gigi dengan benang dan juga sikat untuk membersihkan lidah (ada yang satu paket). Namun aktifitas Flossing ini belum terlalu populer di kalangan mastyarakat Indonesia, sementara di negara luar hal ini sudah menjadi rutinitas saat pembersihan gigi, anda bisa mencobanya.

4. Menggunakan Obat Pencuci Mulut (Mouthwash)
Membersihkan gigi dengan obat pencuci mulut (mouthwash) juga merupakan salah satu upaya untuk membersihkan karang gigi atau mencegahnya. Berkumur menggunakan mouthwash sangat efektif membersihkan sisa makanan dan membunuh bakteri pada area gigi yang sempit. Untuk hasil yang memuaskan, lakukan cara ini setelah menyikat gigi atau melakukan flossing.

5. Mengurangi Makan dan Minum Manis
Makanan dan minuman manis disinyalir menjadi penyebab cepatnya pertumbuhan kuman dan bakteri dalam rongga mulut dan gigi. Bakteri yang berkembang dalam rongga mulut akan dengan mudah melepaskan zat asam yang kemudian dapat merusak gigi. Untuk itu, perlu mengurangi bahkan kalau bisa lebih baik menghindari makanan dan minuman manis, kalaupun belum mampu karena kesukaan kita adalah manis, pastikan untuk berkumur atau menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

6. Berhenti Merokok
Rokok yang kita hisap ternyata akan menimbulkan noda pada gigi berwarna kecoklatan, jika kita terus-menerus merokok maka noda tersebut akan menumbuk, menghasilkan plak dan mengeras menjadi karang gigi. Noda ini merupakan penumpukan dari zat-zat kimia yang terkandung dalam sebatang rokok dan faktanya karang gigi yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok lebih sulit dihilangkan dibandingkan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan. Untuk itu bagi anada yang masih merokok mending segera berhenti, demi kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan paru-paru kita, coba lihat peringatan bahaya pada kemasan rokok.

7. Menggunakan Baking Soda
Baking soda merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan saat membuat roti. Baking soda juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi yang sudah membandel sekalipun, bahkan ia juga bisa memutihkan gigi secara alami. Cara penggunaannya, ambil satu sendok makan baking soda lalu campurkan dengan sedikit garam, aduk hingga rata, lalu gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi. Lakukan menggosok gigi dengan baking soda secara rutin.

8. Menggosok Gigi dengan Kulit Jeruk
Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan zat-zat dan vitamin yang berguna untuk membersihkan gigi. Caranya cukup mudah, ambil beberapa bagian kulit jeruk yang sudah dicuci bersih, lalu kulit jeruk tersebut tinggal digosokkan langsung pada gigi secara merata. Sebaiknya lakukan cara ini pada malam hari, lalu didiamkan sampai pagi, setelah nanti bangun tidur anda bisa segera berkumur-kumur untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa zat kulit jeruk. Lakukan hal ini secara rutin agar masalah karang gigi bisa diatasi.

9. Menggunakan Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai kandungan anti-inflamasi, antioksidan asam laurat, asam lemak hingga sifat antimikroba, sehingga minyak kelapa merupakan bahan alami yang efektif untuk membantu membersihkan karang gigi. Dari hasil penelitian, kandungan tersebut mampu membersihkan plak gigi hingga 50 persen. Masukkan 1 sendok minyak kelapa yang sebelumnya telah dihangatkan ke dalam mulut, lalu gunakan minyak kelapa tersebut untuk berkumur-kumur dengan durasi sekitar 5 sampai 10 menit, setelah selesai buang minyak tersebut lalu kumur dengan air sampai bersih.

10. Banyak Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral serta serat alami. Serat dan berbagai kandungan yang terdapat di dalam sayur dan buah mampu membersihkan gigi secara efektif.

11. Mengkonsumsi Buah yang Banyak Mengandung Vitamin C
Buah yang mengandung banyak vitamin C juga bisa memberikan manfaat sebagai salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi. Buah seperti lemon, strawberry dan jeruk bisa dijadikan bahan sebagai pasta gigi. Caranya mudah, haluskan salah satu buah tersebut lalu ambil sikat gigi dan celupkan pada bahan tersebut. Seletah itu gunakan untuk menggosok gigi selama 2 menit. 

12. Mengunyah Daun Sirih
Ini adalah salah satu rahasia kenapa orang-orang tua jaman dulu memiliki gigi yang sehat, salah satunya mereka rutin mengunyah daun sirih, ata dalam masyarakat jawa dinamakan "Nginang". Daun sirih memang sangat dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Caranya cukup mudah yaitu ambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung, bisa juga ditambahkan dengan 1 batang cengkeh haluskan sedikit lalu bisa segara dikunyah.

Itu tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membersihkan karang gigi atau untuk menjaga gigi anda tetap bersih dan sehat. Memiliki gigi yang bersih, sehat dan kuat merupakan hal yang sangat penting, mengingat dimasa ini banyak orang yang mengeluhkan sakit gigi yang menyiksa akibat gigi berlubang dan karang gigi. Kalau sudah sakit gigi, mau ngapa-ngapain gak enak, makan tidak enak, tidur tidak nyenyak dan bawaannya pengen marahin orang terus, pokoknya tidak nyaman sekali. 
 
Untuk itu yuk kita mulai rawat gigi kita selagi masih bersih dan sehat agar terhindar dari karang gigi. Menjaga kesehatan gigi termasuk bagian dari menjaga kesehatan tubuh kita, karena gigi yang sehat, makanan yang masuk ke tubuh kita juga sehat. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi, dengan begitu jika ada masalah dengan gigi kita bisa segera mendapat penanganan.

0 Response to "MENGHILANGKAN KARANG GIGI DENGAN CARA ALAMI"

Post a Comment