RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 02 JULI

 
02 JULI
PERINGATAN WORLD UFO DAY (HARI UFO SEDUNIA)

Unidentified Flying Object (UFO) yang merupakan sebutan untuk fenomena benda terbang tak dikenal, dan hingga saat ini UFO masih menjadi Misteri dan belum bisa dijelaskan secara ilmiah karena belum ada bukti yang cukup untuk bisa mempercayai kebenarannya. UFO umumnya diklasifikasikan sebagai anomali yang benar-benar tidak dikenal dan dapat diidentifikasi. UFO secara umum digambarkan sebagai piring terbang yang di dalamnya terdapat makhluk asing yang dikenal dengan sebutan ALIEN. Organisasi Hari UFO Sedunia (WUFODO) secara resmi mendeklarasikan 2 Juli sebagai Hari UFO Internasional. Tanggal 2 Juli ini ditetapkan atas dasar peristiwa di Roswell, New Mexico, yang merupakan peristiwa penampakan UFO paling terkenal, dimana seorang peternak menemukan puing-puing seperti piringan terbangdi padang rumput tempatnya bekerja pada tanggal 2 Juli 1947.

02 JULI 1955
BERDIRINYA PENCAK SILAT PERISAI DIRI

Pencak Silat Perisai Diri, sebagaimana dikutip dari laman perisaidiri.ub.ac.id, didirikan secara resmi pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya, Jawa Timur. Pendirinya adalah almarhum RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, putra bangsawan Keraton Paku Alam. Sebelum mendirikan Perisai Diri secara resmi, beliau melatih silat di lingkungan Perguruan Taman Siswa atas permintaan pamannya, Ki Hajar Dewantoro. Teknik silat Perisai Diri mengandung unsur 156 aliran silat dari berbagai daerah di Indonesia ditambah dengan aliran Shaolin (Siauw Liem) dari negeri Tiongkok. Pesilat diajarkan teknik beladiri yang efektif dan efisien, baik tangan kosong maupun dengan senjata. Metode praktis dalam Perisai Diri adalah latihan Serang Hindar yang mana menghasilkan motto “Pandai Silat Tanpa Cedera”.

02 JULI 1976
VIETNAM UTARA DAN SELATAN BERSATU

Pada tanggal 2 Juli 1976 Vietnam Utara dan Vietnam Selatan secara resmi bersatu setelah sebelumnya terpecah karena pertikaian. Penyatuan kedua pihak yang bertikai ini dimulai setelah dibuatnya Perjanjian Damai Paris (Paris Peace Accords) pada 27 Januari 1973, yang mengakui kekuasaan tertinggi kedua belah pihak. Di bawah perjanjian tersebut, seluruh pasukan perang Amerika ditarik pada 29 Maret 1973. Pertempuran kecil tetap berlanjut, tetapi semua pertempuran besar telah berakhir hingga sekali lagi, Utara menginvasi dan menundukkan Selatan pada 30 April 1975. Vietnam Selatan dengan singkat menjadi Republik Vietnam Selatan, sebuah negara boneka di bawah kekuasaan militer oleh Vietnam Utara, yang kemudian secara resmi disatukan di bawah pemerintahan Komunis sebagai Republik Sosialis Vietnam pada tanggal 2 July 1976.

02 JULI 2000
BERAKHIRNYA KEJUARAAN EROPA UEFA 2000

Kejuaraan Eropa UEFA 2000 adalah edisi kesebelas dari Kejuaraan Eropa UEFA yang diselenggarakan di dua negara untuk pertama kalinya, yakni Belanda dan Belgia, sejak 10 Juni hingga 2 Juli 2000. Pertandingan pembuka edisi ini adalah pertandingan babak penyisihan grup B antara tuan rumah Belgia dengan Swedia di Stadion Raja Baudouin, Brussel, Belgia. Pertandingan Final dimenangkan oleh Prancis atas Italia dengan skor 2 – 1 setelah perpanjangan waktu, melalui gol emas yang dicetak David Trezeguet. Pertandingan final sendiri dilaksankan di Belanda, tepatnya di Stadion Feijenoord, Rotterdam, Belanda.

0 Response to "RANGKUMAN PERISTIWA DI TANGGAL 02 JULI"

Post a Comment