EBOOK TUMBUHAN LIAR BERKASIAT OBAT

 
Tumbuhan liar adalah tumbuhan yang tumbuh pada areal yang tidak dikehendaki pada areal pertanaman. Tumbuhan liar disebut juga gulma karena sering secara langsung ataupun tidak langsung merugikan tanaman budi daya. Dalam perkembangannya, tumbuhan liar atau gulma tersebut ternyata mempunyai kandungan bahan untuk obatobatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman liar dapat dijadikan sebagai obat yang berbasis herbal. Pemerintah melalui Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hasil Hutan Bukan Kayu (BPPTHHBK) sesuai dengan tupoksinya telah mulai melakukan penelitian tentang tanaman yang dapat bermanfaat sebagai obat yang tersebar di wilayah Indonesia. 

Eksplorasi tumbuhan liar telah dilakukan di arboretum dan lingkungan kompleks Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Agroforesty Ciamis. Hasil eksplorasi tersebut diperoleh tidak kurang dari 48 jenis gulma dari 28 famili yang telah teridentifikasi dan dimanfaatkan secara luas sebagai obat herbal. Dalam ebook "Tumbuhan Liar Berkasiat Obat" ini akan menjelaskan sebanyak 48 jenis gulma yang telah diuraikan ciri-cirinya yang sangat berguna untuk pengenalan jenis tumbuhan liar yang berkhasiat obat. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan foto fisik tumbuhan liar yang dimaksud.

Indonesia yang dikenal sebagai laboratorium tumbuhan atau tanaman berkhasiat obat terbesar di dunia, memiliki sekitar 80% herbal yang ada di dunia. Indonesia memiliki sekitar 35 ribu jenis tumbuhan tingkat tinggi, yang mana 3.500 di antaranya dilaporkan sebagai tumbuhan berkhasiat obat. Nenek moyang kita telah memanfaatkan flora kekayaan alam itu dengan bijak. Istilah jamu telah dikenal secara tradisional dan luas untuk menyebut ramuan dari tumbuhan berkhasiat obat. Jamu berasal dari bahasa Jawa Kuno, yaitu jampi atau usodo, yang mengandung arti penyembuhan menggunakan ramuan, doa, dan ajian.

Dalam ebook "Tumbuhan Liar Berkasiat Obat" ini akan dijelaskan kasiat dari 48 jenis tanaman liar yang bisa dijadikan sebagai obat yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit pada manusia. Untuk mengetahui lebih detail jenis-jenis tanaman liar berkasiat obat tersebut, silahkan download dan baca ebook "Tumbuhan Liar Berkasiat Obat" ini, link downlodnya bisa anda temukan di bagian akhir dari artikel ini. Semoga bermanfaat.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Tumbuhan Liar Berkasiat Obat
Penyusun : Anas Badrunasar & Harry Budi Santoso
Penerbit : Forda Press
Tahun : 2017
Jumlah Halaman : 198 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Tanaman Obat
Format File : PDF
Ukuran File : 3,95 MB

LINK DOWNLOAD  

Ebook "Tumbuhan Liar Berkasiat Obat"

0 Response to "EBOOK TUMBUHAN LIAR BERKASIAT OBAT"

Post a Comment