EBOOK IKAN AIR TAWAR DI EKOSISTEM BUKIT TIGAPULUH

 
Ebook "Ikan Air Tawar di Ekosistem Bukit Tigapuluh" ini disusun berdasarkan hasil dari dua survei yang dilaksanakan di Lanskap Bukit Tigapuluh, di dalam, dan sekitar Konsesi Restorasi Ekosistem PT. Alam Bukit Tigapuluh Blok I, Jamb, Sumatera. Survei dilakukan pada musim kemarau tahun 2015 dan musim hujan tahun 2016. Sejumlah 78 spesies ikan berbeda ditemukan, yang termasuk ke dalam 46 genera, 18 famili, dan delapan ordo. 
 
Semua spesies yang dijumpai merupakan spesies asli sumatera. Delapan spesies mewakili catatan baru bagi provinsi Jambi dan 11 spesies diperkirakan belum secara formal dideskripsikan pada tingkat spesies. Berdasarkan daftar merah spesies terancam punah IUCN, fauna ikan di Ekosistem Bukit Tigapuluh meliputi 42 spesies belum dievaluasi, tiga spesies informasi kurang, 30 spesies beresiko rendah, dua spesies hampir terancam, dan satu spesies rentan.

Lanskap Ekosistem Bukit Tigapuluh merupakan hutan tropis dataran rendah yang terletak di perbatasan antara provinsi Jambi dan Riau. Lanskap tersebut mencakup kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan area penyangga yang sebelumnya merupakan kawasan konsesi penebangan kayu. Banyak jenis ikan di Ekosistem Bukit Tigapuluh yang bergantung pada vegetasi yang menaungi sungai dalam hutan. 
 
Bahkan beberapa spesies hanya bisa hidup pada kondisi hutan yang masih baik, sehingga spesies-spesies tersebut dapat berperan sebagai bioindikator kondisi sungai dalam hutan. Setiap spesies ikan dalam Ebook ini dideskripsikan dengan : Ilustrasi, nama ilmiah, nama autor, nama lokal dari beberapa daerah, karakter, rumus meristik, habitat, potensi, ukuran maksimal, dan status IUCN.

Pengetahuan mengenai biodiversitas merupakan kunci untuk menentukan kawasan hutan yang memiliki nilai konservasi tinggi, yang nantinya akan berpengaruh pada masa depan kawasan tersebut. Salah satu indikator dalam menilai keanekaragaman hayati kawasan hutan adalah dengan melihat keragaman ikan di kawasan tersebut. Ebook ini memuat 78 spesies ikan yang ditemukan di Ekosistem Bukit Tigapuluh, dan bisa dijadikan sebagai panduan praktis dalam mengidentifikasi ikan air tawar yang hidup di ekosistem sungai dalam hutan dataran rendah. 
 
Ebook ini juga bisa menjadi panduan lapangan pertama untuk fauna ikan air tawar di Sumatera bagian Tengah yang semua spesiesnya dilukis. Untuk mengetahui lebih detail spesies ikan-ikan yang ditemukan di Kawasan Bukit Tigapuluh, silahkan download dan baca ebook "Ikan Air Tawar di Ekosistem Bukit Tigapuluh", link download dapat anda temukan di bagian akhir artikel ini.

DESKRIPSI EBOOK
Judul : Ikan Air Tawar di Ekosistem Bukit Tigapuluh
Penyusun : Tedjo Sukmono & Mira Margaretha
Penerbit : Yayasan Konservasi Hutan Sumatera
Tahun : 2017
Jumlah Halaman : 112 Halaman
Bahasa : Indonesia
Tema : Flora dan Fauna
Format File : PDF
Ukuran File : 8,82 MB

LINK DOWNLOAD  
Ebook "Ikan Air Tawar di Ekosistem Bukit Tigapuluh"

0 Response to "EBOOK IKAN AIR TAWAR DI EKOSISTEM BUKIT TIGAPULUH"

Post a Comment