FENOMENA BTS MEAL, YANG TENGAH JADI REBUTAN

 
Baru-baru ini jagad Indonesia tengah heboh dengan kehadiran "BTS Meal" yang dijual oleh McDonald's. Beberapa gerai McDonald's bahkan sampai penuh sesak oleh kerumunan para pembeli yang mengantri untuk mendapatkan menu makanan ini, dari sekian banyak yang mengantri kebanyakan didominasi oleh para Ojol (ojek online) yang melayani jasa pembelian makanan. BTS Meal sendiri merupakan menu hasil kolaborasi McDonald's dengan grup boyband asal Korea Selatan (K-POP) Bangtan Sonyeondan atau yang lebih populer dengan sebutan BTS, maka tak ayal menu makanan ini langsung heboh sejak pertama diluncurkan di Indonesia. Masyarakat Indonesia memang banyak yang menggandrungi K-POP, sehingga apa saja yang berbau K-POP pasti laris manis dipasaran, tak terkecuali BTS Meal yang pasti akan diburu oleh para pecinta Grup BTS yang biasa disebut sebagai "BTS Army".

BTS Meal ini mulai diluncurkan pada hari Rabu tanggal 9 Juni 2021 di seluruh gerai McDonald's yang ada di Indonesia. Paket menu yang dipasarkan di Indonesia ini berisi 9 buah Chike McNuget, French Fries Medium, Cola Medium, serta Cejun dan Chili Sauce dan terdri dari dua paket, yaitu BTS Meal Medium dan BTS Meal Dua Kali Medium. Terkait dengan harganya, BTS Meal ini dibanderol dengan harga mulaidari Rp. 40.000 hingga Rp. 80.000 belum termasuk PPN. Sebenarnya paket makanan ini telah dijual di puluhan negara sejak Mei 2020, selama peluncuranya selalu mejadi makanan terpopuler dan banyak diserbu pembeli. Kepopuleran BTS Meal ini tak terlepas dari kepopuleran grup Boyband BTS itu sendiri, yang memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia sejak debut mereka pada tahun 2013 lalu. Salah satu penunjang kepopuleran musik Korea Selatan adalah "media sosial", ini juga yang kemudian mendorong capaian BTS di Billboard saat ini bahkan bisa berata di tingkatan atas mengungguli Justin Bieber, Lil Nas X dan Billie Eilish.

Wall Street Journal (WSJ) dalam ulasannya, menyorot kebebasan proses kreativitas musik BTS, sebagai salah satu faktor yang membuatnya lebih menonjol dari artis dalam industri K-pop lainnya, dimana hal ini tidak terjadi pada manajemen artis K-Pop generasi sebelumnya. Menurut para ahli K-Pop, BTS berbeda karena Big Hit memberikan artisnya kebebasan pribadi dalam berkarya. Kebabasan kreativitas itulah yang justru memberi mereka kredibilitas di kalangan penggemar musik K-Pop dan mengubah pandangan kebanyakan orang yang sebelumnya menganggap bahwa K-Pop adalah "produk Settingan / buatan". Bagian dari daya tarik BTS adalah mereka memberi penggemar akses yang "intim" untukmenghibur diri mereka sendiri di belakang panggung. Penggemar dapat dengan mudah mengakses berbagai konten BTS diluar karyanya melalui streaming dari Youtube, website Bangtan Bomb, maupun mealui saluran V Live.
 
fenomena-bts-meal-yang-tengah-jadi-rebutan-2-agniamedia-com
 
BTS Meal ini dalam sekejap langsung diserbu oleh pembeli hingga beberapa gerai McDonald's dibanjiri kerumunan meskipun saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Bahkan untuk menghindari kerumunan, McDonald's Indonesia menggunakan sistem antrian virtual, melalui website, GoFood dan GrabFood. Meskipun telah dilakukan upaya antrian virtual namun kerumunan pembeli tetap tak bisa dihindari saking antusiasnya masyarakat yang ingin mendapatkan menu ini. Kerumunan yang ditimbulkan inipun akhirnya mendapat sorotan dari satgas Covid-19 dan memaksa beberapa aparat mustibertindak tegas. Beberapa gerai McDonald's akhirnya mendapat sanksi tegas dari aparat berupa penghentian operasi, kabar terakhir pada hari Rabu kemarin tercatat ada 13 gerai yang ditutup. Bahkan beberapa Gerai McDonald's di Jakarta dan beberapa kota lainnya telah ditempeli stiker penutupan.

Terkait penutupan ini, Sutji Lantyka selaku Associate Director Communication McDonald's Indonesia memberikan pernyataan resmi pada Rabu, 6 Juli 2021, "Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Perihal penutupan sementara beberapa gerai McDonald's, keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald's Indonesia, penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini". Untuk meredam kekecewaan para pembeli, pihak McDonald's juga sampai mengeluarkan pernyataan yang isisnya meminta para "BTS Army" untuk "mengendalikan diri", karena paket eksklusif ini akan hadir dalam sebulan kedepan. 

Saking hebohnya BTS Meal ini, menurut kabar berita yang beredar, bungkus kemasan paket inipun sampai dijual kembali dan laku keras. Ada juga kabar yang mengatakan bahwa ada juga yang menjual kembali BTS Meal ini dengan harga yang melebihi harga jual aslinya, namun meski dihargai mahal, makanan tersebut tetap laku keras. Menurut profesor tamu di Indiana University Bloomington yang mengajar studi Korea, penggemar BTS “sangat bersemangat ke tingkat yang sangat jarang Anda lihat.” Kesetiaan penggemar itu, pada gilirannya, diterjemahkan ke dalam tindakan berupa pembelian CD, merchendise berbau BTS, kaos, bahkan aksesoris dan segala seuatu yang dipakai para personel BTS inipun laku dijual dengan harga yang tidak wajar. Itulah kenapa BTS Meal inipun menjadi menu yang sangatlaris manis dan diburu oleh banyak orang sampai bungkus sisanya sekalipun.

Jika dilihat dari menunya, BTS Meal ini berisi menu yang sebenarnya sering ditemui di McDonald's dimanapun di hari biasa. Menu seperti McNuget (Nugget ayam khas McDonald's), kentang goreng dan muniman cola merupakan menu yang bisa dipesan bahkan sebelum ada BTS Meal ini. Salah satu yang membuatnya istimewa yaitu hadirnya dua saus spesial yang kabarnya merupakan saus kegemaran dari ketujuh persobel BTS saat menikmati menu McDonald's pilihan mereka. Kedua saus itu adalah Saus Cajun dan Saus Sweet Chilli yang memang hanya bisa di dapatkan di gerai McDonald's yang ada di Korea. Hadirnya BTS Meal inilah yang kemudian membuat kedua saus ini menjadi incaran di seluruh dunia. 

Saus Cajun sendiri merupakan saus berwarna kuning yang kuat sekali cita rasa mustard-nya. Rasa saus ini mirip dengan mustard yang digunakan saat membuat burger, dengan rasa bawang yang cukup dominan. Informasi kandungan kalori darisaus Cajun yaitu 140 Kalori. Sementara itu untuk saus Sweet Chilli alias Cabe Manis sendiri sangat berbeda dengan rasa Saus Cabe ala Indonesia. Saus Sweet Chilli ini terasa jauh lebih manis dibandingkan dengan Saus Cabe ala Indonesia. teksturnya pun berbeda, dengan warna yang lebih pucat. Saus Sweet Chilli terbuat dari tomat cabe kering dan bawang putih. Sepintas, rasanya lebih mirip dengan Saus Sweet Chilli ala Thailand yang manis, pedas, dan sedikit asam. Dalam satu kemasannya, Saus Sweet Chilli mengandung 50 kalori. 

Selain saus, daya tarik lain dari BTS Meal ini terletak pada kemasannya yang spesial. Sekluruh kemasan dari BTS Meal ini didesain dengan mencantumkan logo BTS dengan warna dominan ungu yang merupakan warna khas grup boyband BTS. Di Indonesia, keseluruhan paket itu dikemas dalam paperbag biasa khas McDonald's. Sedangkan paperbag spesial yang diberi logo BTS dibungkus rapi dalam plastik. Bagi kamu yang belum kebagian menu BTS Meal ini, tenang saja, sebagaimana penjelasan dari pihak McDonald's diatas, BTS Meal akan kembali hadir dan tersediakembali kurang lebih sebulan kedepan.

0 Response to "FENOMENA BTS MEAL, YANG TENGAH JADI REBUTAN"

Post a Comment