6 HAL YANG HARUS DIDAPAT KONSUMEN, AGAR SEGERA BELI

 
Sebagai penjual tentu anda menginginkan banyak konsumen yang membeli produk yang sedang anda jual, semakin banyak produk yang terjual tentunya akan semakin menambah keuntungan bisnis anda. Menjual apapun tentu membutuhkan strategi agar produk yang kita tawarkan dapat dilirik banyak orang dan memutuskan untuk membelinya. Namun kenyataannya banyak orang yang berjualan berakhir dengan tidak adanya pembeli, padahal sudah menggunakan berbagai strategi marketing yang banyak diajarkan para praktisi bisnis. Satu hal yang kita perlu pahami bahwa setiap produk ada pembelinya sendiri dan kita perlu menemukan pembeli tersebut diantara ribuan orang yang kita tawari produk tersebut. 

Pada dasarnya bukan hanya strategi marketing atau ilmu pengiklanan hebat yang membuat seseorang membeli produk anda, ada diantara konsumen yang membeli karena butuh, ada yang membeli karena suka produknya meski tidak butuh, ada yang beli karena sekedar ingin mengoleksi padahal tidak suka dan tidak butuh dan ada yang membeli karena kasihan pada anda yang sedari pagi gak ada yang beli alias karena iba dan ingin menolong. Apakah anda pernah berfikir bahwa manusia itu punya beberapa kebutuhan yang harus mereka penuhi untuk menunjang kehidupan mereka sehari-hari. Meskipun diluar sana banyak yang menjual kebutuhan tersebut, kenyataannya hanya sedikit penjual yang laris dikunjungi konsumen, kenapa ya?

Jika anda ingin membeli sebuah barang/produk kebutuhan anda, apa yang ingin anda dapatkan dari penjual? Tentu saja barangnya sesuai keinginan anda. Tapi sadar atau tidak anda sebagai pembeli pasti menginginkan hal yang lebih dari itu, misalnya harga diskon, pelayanan yang ramah, penjualnya bersahabat, dapet bonus, dapet potongan harga atau ada hadiah jika membeli dengan jumlah tertentu, benar seperti itu kan? Itulah mengapa penjual yang memberikan nilai lebih tersebut akan mendapatkan konsumen lebih banyak dibandingkan mereka yang hanya menjual produk saja tanpa embel-embel lain. Kalau kebanyakan ngasih bonus bukannya malah bikin bangkrut? Betul sih, tapi bonus tidak selalu berupa barang atau potongan harga.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi kebutuhan konsumen agar mereka segera membeli produk yang anda jual, namun tidak bikin usaha/bisnis anda bangkrut, apa saja itu, yuk kita simak pembehasannya di bawah ini:

1. KENYAMANAN DAN KEPASTIAN
Jika anda diposisikan sebagai pembeli hal yang pertama ingin anda dapatkan adalah kenyamanan dan kepastian saat membeli, nyaman disini anda bisa memilih, memeriksa dan menentukan bsendiri arang yang ingin anda beli dan kepastian artinya saat anda menemukan barang yang anda beli baik harga dan kualitas benar-benar sesuai dengan deskripsi produk anda. Terlebih kalau anda berjualan secara online, dimana banyak penjual yang menjual barang yang sama dengan yang anda jual. Salah satu hal yang harus anda lakukan adalah memberikan penjelasan deskripsi secara detail tentang produk anda, mulai dari ukuran, warna, bahan, dan kualitas produk.

Nilai lebih yang bisa anda masukkan dalam deskripsi toko olnline yang tak banyak dilakukan para penjual namun sangat efektif untuk membual pembeli memutuskan membeli produk anda. Kesimpulannya, KENYAMANAN bisa anda upayakan dengan mengkonsep toko anda dengan menarik, tidak asal menawarkan atau tidak asal posting, serta berikan pelayanan yang terbaik, chat dibalas secepatnya, tanggapi pertanyaan beruntun dengan tenang jangan berdebat, otomatis mereka akan merasa nyaman dan diperhatikan. Sedangkan KEPASTIAN bisa anda upayakan dengan memberikan garansi uang kembali jika pembeli tidak puas dengan barang atau pelayanan yang mereka terima.

2. VARIASI
Pada kenyataannya setiap orang itu mudah sekali bosan, misalnya saja anda makan setiap hari nasi goreng terus, beberpa hari berikutnya pasti anda bosen, sekalipun itu makanan kesukaan anda dan pastinya anda lalu beralih ke makanan lain, benar kan? Begitu juga saat anda berjualan secara online misalnya melalui media sosial, jika yang anda posting adalah jualan melulu, orang yang mengikuti akun anda atau melihat status anda, lama-lama juga akan bosan, yang lebih parah lagi kalau akhirnya mereka sampai mendelete pertemenan dengan anda atau menghapus nomor whatsaap anda karena bosan dengan apa yang anda posting. 

Oleh karena itu beberapa praktisi marketing online selalu menyarankan untuk tidak memposting iklan saja, tapi beri variasi dan jadwal, kapan posting iklan, kapan posting foto kegiatan harian anda dan kapan posting artikel atau nasihat. Beri variasi agar target market anda tidak bosan-bosan untuk terus berkunjung ke akun anda atau melihat status yang anda posting. Jangan sampai anda kehilangan target market hanya karenan anda sendiri yang membuat mereka BOSAN. Variasi juga bisa anda lakukan pada produk yang anda jual, jadi mereka terus penasaran dengan akun anda, bukan mengatakan "ah dia kan cuma jual A, cari akun lain ajah"

3. KESAMAAN
Orang itu suka yang namanya kesamaan, kesamaan dengan teman dekat, ingin sama dengan orang lain agar terlihat kekinian. Contoh lainnya yaitu demam K-Pop, dimana banyak fans yang akhirnya ingin terlihat sama dengan para idolnya, memeiliki barang yang sama, pakaian yang dipakai sama, aksesoris yang sama bahkan gaya rambut dan penampilan yang saman. Hal inilah yang kemudian bisa membuat beberapa produk terjual habis bahkan dengan harga yang lebih mahal hanya karena para fans ingin tampil sama dengan idol-nya.

Maka dari itu selalu sampaikan kepada para pembeli bahwa produk yang anda jual merupakan produk terlaris atau best seller, dipakai oleh artis ini, dimiliki oleh tokoh itu, kesukaan idol ini dan lain sebagainya. Cantumkan dalam materi iklan anda bahwa ini produk best seller, sudah terjual sekian pcs dalam sebulan, produk yang banyak dicari, produk favorit masa kini dan lain-lain.

4. EKSKLUSIF
Tadi kita bahas bahwa kebanyakan orang suka kesamaan, namun banyak juga yang suka dengan keterbatasan atau eksklusif. Sebagai contoh, beberapa tahun lalu sempat ada perusahaan pembuat mobil (saya lupa namanya) yang merakit mobil dengan jumlah terbatas, yaitu hanya 10 unit yang ada di dunia, mobil itu dijual dengan harga berpuluh kali lipat dengan harga seharusnya, namun yang mengagetkan mobil itu sudah ludes dipesan bahkan sebelum mobil tersebut selesai dirakit dan dipasarkan. Itu membuktikan bahwa ada sebagian orang yang ingin menjadi satu-satunya memiliki produk yang terbatas alias langka. Maka ini bisa menjadi salah satu ide dalam penjualan andan, yaitu menjual barang terbatas/langka.

Hal ini juga bisa anda gunakan dalam strategi marketing andan, misalnya anda bisa mengumumkan kepada audiens bahwa produk anda merupakan produk eksklusif, dan sekarang hanya tinggal 10 unit saja. Nah, dengan begitu orang yang suka dengan barang terbatas/eksklusif akan berbondong-bondong mengorder produk anda. 

5. JADI LEBIH BAIK
Senua orang selalu ingin menjadi lebih baik, itu fakta, oleh karena itu anda perlu menemukan "Hot Button" mereka. Hot Button adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh target market anda. Contohnya ketika anda memiliki usaha kemudian anda tawarkan kepada orang lain, tentu peminatnya tidak terlalu banyak dibandingkan ketika andan menawarkan paket usaha disertai bimbingan untuk menjalankan usaha tersebut, dengan kata lain audiens akan anda bimbing sampai menghasilkan, hal ini tentu akan sangat dicari oleh banyak orang.

Dalam hal penjualan produk, anda perlu sesekali meminta testimoni dari konsumen yang pernah membeli dan merasakan manfaat dari produk yang anda jual. Tampilkan testimoni tersebut disela-sela postingan iklan anda, mereka yang membaca bahwa dengan memakai produk anda orang bisa jadi lebih baik tentu akan segera memutuskan untuk membeli produk anda.

6. BERMAKNA
Semua orang tentu ingin menjadi bermakna dalam hidupnya, oleh karena itu anda perlu membuat produk yang anda jual bisa menjadi bermakna. Trus gimana caranya? Contohnya, jika anda seorang penjual air minum, maka anda bisa menambahkan informasi bahwa dengan membeli air minum ini berarti anda telah ikut menyumbang 10% penjualan air minum ini untuk membantu penduduk yang sedang mengalami bencana kekeringan. Atau misalnya jika anda membeli produk kami, otomatis anda telah membantu anak-anak kurang mampu untuk terus bersekolah, karena 20% hasil penjualan produk akan disumbangkan untuk membantu anank-anak kurang mampu tersebut. Dan masih banyak contoh lain yang bisa anda temukan sendiri mana yang sesuai dengan produk anda.

Orang-orang yang memiliki rasa kepedulian tentu akan lebih tertarik untuk membeli produk ke anda dibandingkan ke tempat lain yang tidak memiliki program apapun untuk kegiatan sosial. Namun yang perlu diperhatikan adalah, jangan berbohong, pastikan apa yang anda nyatakan tersebut benar-benar anda lakukan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam strategi marketing anda, untuk membuat konsumen anda memutuskan untuk membeli produk dari anda, cukup sederhana dan mudah bukan? dan yang pasti semua tips tersebut tidak akan membuat usaha anda bangkrut namun justru akan mendatangkan banyak konsumen yang fix membeli.    

0 Response to "6 HAL YANG HARUS DIDAPAT KONSUMEN, AGAR SEGERA BELI"

Post a Comment