IDE MATERI KONTEN BLOG YANG BANYAK DICARI

Banyak materi yang bisa diulas dan dijadikan tulisan untuk konten blog, namun tidak semua materi diminati oleh semua orang. Ada yang suka konten bertema sepak bola namun ada juga yang tidak suka. Ada yang suka tema makanan atau wisata namun ada juga yang tidak suka. Tapi ada juga beberapa materi yang disukai kebanyakan orang, karena memang materi tersebut dibutuhkan. Nah, materi yang seperti inilah yang cocok dijadikan konten blog. Tujuan utamanya adalah mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya, maka konten yang diminati banyak orang adalah yang harus dijadikan prioritas.
Dalam membuat konten blog, hal yang perlu kita ingat adalah buat konten yang sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasai. Terkadang juga, bagi beberapa blogger pemula, bidang ilmu yang dikuasai justru menjadi penghalang dalam membuat konten. Hal ini biasanya terjadi karena fokus utama membangun blogger bukan untuk menghasilkan konten berkualias, namun lebih berfokus dalam mengejar traffic pengunjung atau fokus agar cepat menghasilkan uang. Akhirnya banyak yang terjebak dalam meniru blog lain yang telah sukses, dengan cara copy paste artikel mereka dan menggunakannya untuk mengisi blog mereka sendiri.
Pada dasarnya semua bidang ilmu memiliki peminatnya masing-masing. Jadi, tidak perlu khawatir apakah konten tersebut akan mendatangkan banyak pengunjung atau justru sepi pengunjung. Terapkan dengan baik metode membuat artikel yang menarik pengunjung, sebagaimana yang pernah mimin ulas dalam artikel "Ciri Blog yang Menarik Bagi Pengunjung". Jika blog yang kamu bangun menarik dan berkualitas, terlebih jika sudah menerapkan SEO (Search Engine Optimation) tentunya akan dengan mudah blog tersebut terindex oleh mesin pencari. Pada gilirannya blog yang dibuat dengan sangat baik akan mendapat peringkat yang baik dan muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Sekalipun bukan bidang yang dikuasai, setiap ilmu selalu bisa dipelajari, banyak materi yang bisa kita dapat dari internet, buku atau hasil ceramah/seminar. Sehingga menentukan materi konten tidak harus melulu terbatas pada bidang yang dikuasai, namun bisa ditingkatkan dengan membuat materi yang banyak diminati pengguna Internet. Kuasai ilmunya dengan banyak membaca, cari informasinya secara detail, lalu tuangkan dalam bentuk tulisan setelah benar-benar dipahami. Mimin tekankan disini, pahami dulu baru nulis, jangan hanya copy paste, ambil sini ambil sana lalu digabung dalam sebuah artikel, hasilnya tentu tidak akan nyambung antara kalimat satu dengan yang lainnya.
Nah, berkaitan dengan materi yang banyak diminati, berikut ini mimin akan coba ulas konten yang banyak dicari dan banyak dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Dengan mengetahui jenis materi seperti ini, setidaknya akan ada gambaran tentang materi apa yang perlu dimuat dalam blog kita. Materinya apa saja sih, yuk kita simak rinciannya dibawah ini:
TUTORIAL
Tutorial atau materi tentang "how to", merupakan materi yang paling banyak dicari di Internet. Materi ini menyajikan tentang bagaimana membuat sesuatu, memperbaiki sesuatu, atau cara melakukan sesuatu. Materi jenis ini banyak dicari karena memang sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi di sekitar kita. Tidak banyak orang yang bisa menguasai banyak ilmu, dan ketika mereka menghadapi masalah yang tidak dikuasai ilmunya, biasanya mbah Google jadi solusi. Hayo, siapa yang belum pernah melakukan ini, pasti pernah kan? Apapun masalahnya, mbah Google solusinya. Lalu darimana Google bisa menjawab pertanyaan kita? Ya, dari artikel blog yang dibuat para blogger.
BERITA VIRAL
Netizen Indonesia khususnya sangat tertarik dengan berita yang hits dan viral. Terbukti tingkat share berita viral sangat tinggi, terutama di sosial media seperti facebook, instagram, twitter atau whatsapp. Ketika suatu berita viral, maka orang yang belum tahu akan mulai penasaran alias "kepo" dan berusaha mencari informasi yang lengkap lewat google. Nah, blog yang memiliki ulasan tentang berita viral tersebut secara otomatis akan banyak diserbu pengunjung yang sedang "kepo" tersebut. Maka, konten ulasan berita viral bisa menjadi referensi buat para blogger untuk dimasukkan dalam daftar artikel blog.
BISNIS ONLINE
Banyak orang mulai melek bisnis, terutama bisnis online. Mulai maraknya aplikasi marketplace dan pergeseran perilaku masyarakat yang lebih suka berbelanja online tentunya menjadi peluang tersendiri untuk mulai membangun bisnis online. Namun ilmu tentang bisnis online merupakan bidang ilmu yang tergolong baru dan tentunya tidak bisa disamamakan dengan ilmu bisnis offline. Kita semua pasti pernah mendapati orang yang berjualan lewat whatsapp atau medsos, entah kerabat atau teman dekat kita. untuk bisa menjalankan bisnis online secara tepat, mereka banyak mendapatkan ilmunya melalui internet, belajar secara otodidak atau mengikuti berbagai training online. Jadi, materi bisnis online juga akan sangat banyak peminatnya.
TRAVELING
Jika kita melihat di media sosial, hampir semua akun yang ada pasti selalu share foto liburan atau traveling di status mereka. Terkadang untuk sekedar mengisi status, banyak orang kemudian haus akan traveling, mencari tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Untuk mencari lokasi wisata tersebut, ujung-ujungnya mereka akan bertanya ke mbah Google. Jika blog kamu memuat konten tempat wisata yang baru atau sedang hits tentunya akan menjaring pengunjung yang memiliki peminatan traveling semacam ini. Bisa dikatakan, konten traveling merupakan materi yang potensial dalam meningkatkan traffic kunjungan blog.
FINASIAL
Problem keuangan memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, sekalipun jaman telah berganti, persoalan keuangan tak pernah berhenti. Untuk mengatasi problem keuangan, banyak yang akhirnya berusaha mencari ilmu pengelolaan finasial yang baik melalui Internet. Tutorial, tips, motivasi hingga mindset finansial menjadi materi yang banyak diakses untuk belajar memperbaiki problem keuangan yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, materi finansial semacam ini sangat layak untuk masuk dalam daftar materi blog yang tengah kita kembangkan. Materi semacam ini juga tidak akan lekang oleh jaman, karena akan selalu dibutuhkan.
TEKHNOLOGI
Perkembangan tekhnologi modern yang begitu pesat, memunculkan alat-alat baru yang canggih, hal ini otomatis akan membuat banyak masyarakat harus ikut mengupdate ilmu mereka agar bisa menggunakan ternologi baru tersebut. Contoh nyatanya adalah kemunculan smartphone, kini banyak hal yang mengharuskan kita menggunakan alat yang satu ini, mulai dari sekolah, belanja, bekerja, administrasi, hingga bayar membayar sudah bergeser dengan menanfaatkan smartphone. Sampai hari inipun banyak masyarakat yang masih awam untuk menggunakan benda satu ini. Ditambah juga dengan minimnya orang-orang yang ahli dibidang ini disekitar kita. Maka materi tentang teknologi akan terus dibutuhkan seiring perkembanganya.
KULINER
Kuliner memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena ia merupakan kebutuhan pokok. Namun perkembangan dunia kuliner saat ini banyak memunculkan varian makanan atau minuman yang membuat penasaran untuk dicoba. Brand dan penamaan yang unik, serta olahan yang tergolong baru, membuat kuliner menjadi buruan masyarakat yang penasaran ingin mencoba. Hal ini ditambah juga dengan banyaknya reviewer kuliner di channel youtube, menjadikan kuliner saat ini sebagai target wisata kekinian. Ulasan tentang kuliner baru, resepnya, review rasanya serta daftar lokasi dimana dijajakannya akan menjadi materi yang banyak dicari oleh para pemburu kuliner.

QUOTES DAN MOTIVASI
Kata "Caption" kini menjadi sebuah tuntutan ketika netizen ingin memposting foto, gambar ata video di social media. Caption biasanya berisi quotes atau kata-kata mutiara yang bisa memotivasi, mengingatkan atau sekedar humor yang sering dilontarkan oleh para tokoh penting. Tak banyak orang yang lihai dalam membuat caption, sehingga mereka biasa mencari kumpulan quotes yang ada di internet untuk mereka kutip sebagai caption. Melihat hal ini, membuat konten yang berisi kupulan quotes tentu akan cukup banyak mendatangkan visitor di blog kita. Selain kumpulan quotes, kisah motivasi dan inspirasi juga bisa dimasukkan dalam daftar konten di blog kita.

OLAH RAGA
Kesukaan masyarakat akan olah raga juga bisa menjadi target untuk menyajikan konten tentang olah raga di blog. Sepak bola misalnya, olah raga yang satu ini disukai oleh sebagian besar masyarakat dunia. Apalagi jika sudah musimnya piala dunia, baik stasiun TV, media massa hingga sosmed akan memunculkan banyak ulasan dan diskusi berkenaan tentang pertandingan sepak bola. Tempat paling banyak dikunjungi untuk mendapatkan informasi update pertandingan bola adalah mesin pencari google. Tinggal ketik apa yang dicari, maka akan bermunculan blog atau web yang mengulasnya. Bukankah ini sebuah peluang besar bagi kita para blogger untuk menjadi bagian dari penyedia konten yang mereka cari?.

Kurang lebih itulah materi-materi yang banyak mendominasi pencarian di mesin pencari google. Mungkin masih ada materi konten yang lain yang mimin belum sebutkan, dimana konten tersebut juga memiliki banyak peminat. Jika ada, silahkan tulis di kolom komentar ya, biar mimin bisa tambahkan untuk melengkapi wawasan kita bersama. Materi-materi yang mimin sebutkan diatas tentunya memiliki porsi peminatan yang tidak sama besar, namun dilihat dari potensinya, daftar materi diatas memiliki potensi lebih besar untuk dikunjungi dibandingkan materi yang lain. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "IDE MATERI KONTEN BLOG YANG BANYAK DICARI"

Post a Comment