5 CARA MENEMUKAN "KATA KUNCI" PALING DICARI UNTUK ARTIKEL BLOG KAMU

 
Kata Kunci atau bahasa kerennya "Keyword" adalah salah satu hal yang sangat sangat penting dalam kaitannya untuk menaikkan peringkat artikel kamu serta menaikkan traffic kunjungan di Blog kamu. Kenapa bisa begitu? sekarang mimin tanya dulu ke kamu, bagaimana cara kamu menemukan artikel di Internet? Hayoo caranya gimana coba? Tentu saja dengan search engine atau yang populer adalah dengan Google alias tanya Mbah Google. Saat kamu ingin mencari suatu topik atau berita atau apa saja yang kamu ingin temukan, kamu tinggal ketik saja kata atau kalimat yang berkaitan dengan materi yang kamu cari di kolom pencarian Google. Misal saja nih, kamu pengen cari "resep kue kering untuk lebaran", kamu tinggal ketik saja kata kunci seperti "resep kue kering", "kue kering", atau "kue lebaran", atau bisa juga "sajian lebaran", maka ketika kamu tekan enter, disitu google memunculkan seluruh artikel yang memuat kata yang kamu ketikkan di kolom pencarian tadi. Perlu kamu tahu, itulah yang dinamakan "kata kunci" alias "Keyword".

Kesimpulannya adalah kata kunci (Keyword) adalah setiap kata yang termuat di dalam konten/artikel yang kamu posting di Blog. Dari sini kita tahu bahwa "kata kunci" akan menjadi hal yang paling penting untuk membuat artikel kamu muncul di kolom hasil pencarian Mbah Google dan dibaca para netizen. Sampai disini mulai ada gambaran bukan?, jadi intinya kalau materi dalam artikel yang kamu posting di Blog tidak memuat kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, maka mustahil artikel kamu ditemukan oleh mereka. Misal saja nih, kebanyakan pengguna internet lagi banyak mencari tentang lebaran, saat di moment lebaran, eh.. kamunya malah tidak sama sekali memuat kata kata yang berkaitan dengan lebaran di artikel postinganmu, lhah.. bagaimana mau ketemu, Ferguso?. Maka dari itu semakin kaya akan kata kunci/keyword yang termuat dalam artikel postinganmu, akan semakin mudah artikel tersebut muncul di beranda google dan ditemukan para pengguna internet.

Kata kunci (Keyword) juga merupakan bagian dari teknik optimasi SEO untuk Blog, bagi kamu yang belum tahu apa itu SEO, mimin saranin untuk baca: "Memahami apa itu Optimasi SEO untuk Blog/Website". Karena optimasi SEO ini menjadi langkah paling penting untuk mendongkrak Blog kamu agar muncul di halaman utama Google. Kenapa harus mengejar Halaman Pertama? berkaitan dengan hal ini, mimin mau tanya lagi, semisal saat kamu sudah mengetikkan kata kunci yang kamu cari di Google, dan google sudah memunculkan ribuan artiket berkaitan dengan hal itu, kira-kira artikel mana yang kamu baca terlebih dahulu. Sudah pasti artikel yang muncul di halaman pertama bukan?, baru setelah halaman pertama kurang memuaskan, kamu baru beralih ke halaman 2, 3, 4 dan seterusnya sampai kamu bosen. Pada akhirnya, artikel yang keluar di halaman dengan nomer puluhan bahkan ratusan, memiliki peluang yang sangat kecil untuk dibaca atau dikunjungi, karena sampai halaman ke lima dan seterusnya pasti sudah nyerah dan ganti kata kunci di pencarian.

Nah, pertanyaannya sekarang adalah "kata kunci apa" yang paling tepat agar artikel yang kita tiulis di Blog memiliki peluang besar untuk ditemukan dan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Perlu mimin ingatkan ya, bahwa kata kunci / keyword ini adalah salah satu cara agar artikel anda naik peringkatnya, sementara itu kamu perlu juga melakukan langkah-langkah lainnya untuk mendukung blog kamu berada di peringkat pertama atau halaman utama. Langkah-langkah tersebut menjadi bagian dalam optimasi SEO, didalamnya memuat setting/pengaturan blog, pengaturan gambar, kualitas tulisan, penggunaan kalimat/bahasa, tidak ada pelanggaran hak cipta/copyright, termasuk juga pemilihan kata kunci/keyword. Sebenarnya, mengelola kata kunci/keyword ini ada susah dan ada juga senangnya, susah saat kita menentukan kata kunci dan saat itu kita tidak membidangi kata kunci tersebut, maka menuliskan artikel sesuai kata kunci tersebut menjadi menyulitkan, sementara senangnya dengan kata kunci artikel kita lebih tertarget.

Mimin sendiri sebenarnya tidak terlalu memusingkan masalah kata kunci/keyword ini, pasalnya saat menentukan artikel dengan kata kunci/keyword, mimin malah merasa buntu saat menulis artikel. Jadi selama ini mimin begitu dapat ide menulis, ya menulis langsung gitu aja, tinggal mimin perkaya kalimat demi kalimat dengan kata kunci yang beragam namun tetap berkaitan dengan artikel yang sedang mimin tulis. Namun dengan cara itu, artikel tidak langsung ditemukan, beda kalau kita menggunakan kata kunci yang lagi populer atau viral saat ini, tentu hal ini akan memudahkan artikel ditemukan para pengguna internet. Kata  kunci/keyword ini juga bisa kamu gunakan sebagai pemantik ide, mau menulis apa hari ini, tinggal cari apa yang paling populer dan viral saat ini, misal berita viralnya artis, pembahasan kebijakan pemerintah yang lagi rame di media sosial atau membahas tokoh-tokoh yang banyak digandrungi masyarakat akhir-akhir ini. Keuntungannya kita jadi tidak kehabisan ide untuk menulis artikel guna mengembangkan blog.

Nah, untuk bisa mendapatkan kata kunci / keyword yang tepat dan paling banyak dicari, sebenarnya ada banyak tools atau situs yang menyediakan layanan guna menemukan kata kunci/ keyword yang tengah populer saat ini. Hal ini akan membantu kita, karena kita tidak perlu harus menyaksikan berita di TV atau mengikuti beberapa akun di media sosial dan kehabisan waktu untuk scrol-scrol postingan demi mendapat ide. Untuk lebih mudahnya kita sebaiknya memanfaatkan tools-tools ini, apa saja ya? Yuk langsung kita cek di uraian berikut ini:

1. GOOGLE SEARCH
Ini adalah tempat paling mudah untuk mendapatkan keyword yang kita inginkan. Meskipun kolom google search ini adalah tempat memasukkan kata kunci saat melakukan pencarian di Google, namun bisa juga untuk melihat kata kunci/keyword yang tengah populer berkaitan dengan objek yang akan kita cari. Di kotak pencarian Google arau Google Search, saat kita ingin menxari artikel dengan menuliskan kata kunci tertentu, maka secara otomatis juga akan memunculkan beberapa kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet. Uniknya setiap kata yang muncul tersebut sudah diperingkat oleh Google dimana yang paling atas merupakan kata kunci yang paling populer. Nah, misalnya kamu masukkan kata kunci "Bakso", maka akan muncul dibawahnya "bakso sapi", "cara membuat bakso", "bakso ayam" dan lain sebagainya. Kata kunci yang muncul tersebut tentunya akan berkaitan langsung dengan kata/kalimat yang kita ketikkan di kolom pencarian.

Perlu diingat bahwa saat muncul kata kunci, biasanya pada baris kata kunci tersebut muncul juga kata kunci yang pernah kita ketikkan di kolom pencarian, biasanya ada gambar jam di samping kata kunci tersebut. Nah, untuk yang seperti ini, kamu abaikan kata kunci yang munculnya ada tanda jamnya, tapi perhatikan saja kata kunci yang muncul setelahnya. Urut dari yang paling atas adalah kata kunci yang paling banyak dicari dan menyusul bawahnya dan bawahnya lagi. Sampai disini mimin rasa sudah cukup jelas ya, tentang bagaimana menemukan kata kunci paling dicari menggunakan kolom pencarian Google (Google Search). Mimin sendiri biasa menggunakan kata kunci yang muncul ini untuk menyempurnakan judul artikel yang mau diposting, misal mimin menuliskan "Resep membuat bakso", lalu di google muncul kata kunci "Resep membuat bakso yang kenyal dan enak" di paling atas, maka kata "yang kenyal dan enak" mimin tambahkan ke judul mimin sebelumnya.

2. GOOGLE TREND
Google trend adalah sebuah situs milik google yang bisa menampilkan topik apa yang tengah populer pada waktu tertentu. Misalnya anda ingin tahu apa yang sedang trend hari ini, maka kamu bisa cek di Google trend ini, disana kamu akan ditunjukkan kata kunci apa yang paling banyak dicari pengguna internet saat ini. Salah satu contohnya pada pemilu presiden beberapa tahun yang lalu sempat trending istilah tagar #gantipresiden, maka apabila dicek di google trend, kata #gantipresiden menempati urutan teratas. Atau kita ingat juga kasus pidatonya presiden perancis beberapa waktu yang lalu, selama beberapa hari trending istilah "boikot produk perancis" dan banyak lagi contoh lainnya. Yang perlu kita ketahui, jika kita lihat hari tertentu di google trend indonesia maka artikel, informasi atau kata kunci yang paling banyak dilihat adalah kata kunci yang paling banyak dicari pada hari sebelumnya, artinya yang populer hari ini adalah yang paling banyak dicari kemarin.

Membuat artikel dengan menggunakan kata kunci yang ada di Google Trend sebenarnya merupakan hal yang cukup sulit, karena pada dasarnya kata kunci tersebut adalah hasil dominasi situs-situs internet yang sudah populer dan artikel yang kamu buat harus bersaing dengan para raksasa website tersebut. Tapi tidak perlu berkecil hati, karena paling tidak artikel yang kamu buat memiliki kata kunci yang paling banyak dicari pengguna internet, itu sudah terbilang hal yang sangat penting dalam mengembangkan blog. Nah, selain menggunakan Google Trend, kamu juga bisa mencoba menggunakan Google Treds Explorer untuk memilih kata kunci tertentu dan menemukan kata kunci lainnya yang merupakan kata kunci paling dicari. Caranya, kamu tinggal menentukan bahasa, negara, waktu, jenis atau kategorinya saja. Melalui usaha ini, artikel yang nantinya kamu buat akan menemukan sasaran yang tepat kepada para pengguna mesin pencari Google. 

3. WORDSTREAM
WordStream adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas untuk menemukan kata kunci tertentu yang paling banyak di cari di google. Melalui situs ini kita juga bisa melihat berapa jumlah volume pencariannya, berapa banyak blog/website yang memiliki kata kunci tersebut, nilai BPK/CPC serta bisa dilihat juga Skor peluang/kesempatan untuk artikel yang akan kita buat menggunakan kata kunci tersebut. Namun, sayang sekali untuk bisa mendapatkan secara keseluruhan informasi tersebut sepertinya kita harus membayar layanannya. Tapi untuk informasi mengenai besarnya volume pencarian suatu kata kunci kita tetap bisa mendapatkan aksesnya secara gratis, untuk yang lain-lainnya harus bayar dulu. Mimin rasa sih, mengetahui besaran volume pencariannya saja sudah cukup untuk kita menimbang apakan kata kunci ini memiliki peluang besar untuk ditemukan para pengguna internet.

Apa yang kita dapat secara gratis dari situs ini, konsepnya hampir sama dengan Google Search ataupun Google Trend, yaitu peringkat teratas kata kunci yang paling banyak dicari. Jadi intinya, situs ini bosa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan untuk mendapatkan kata kunci yang paling populer. Sekali lagi, dengan menggunakan kata kunci yang paling dicari, artikel yang anda buat akan memiliki peluang besar ditemukan oleh para pengguna internet.

4. GOOGLE ADWORDS KEYWORD PLANNER
Tools ini adalah salah satu fasilitas yang dimiliki oleh Google dan sudah banyak digunakan oleh para pengembang Blog untuk membantu mereka mendapatkan ide konten artikel blog mereka. Pada masa-masa sebelumnya pemakaian Google AdWord Keyword Planner bisa diakses secara gratis, saat ini jika kamu ingin menggunakannya kamu harus membuat iklan di Adwords lebih dulu, baru akhirnya kamu bisa menggunakan tools di situs ini.

Tools Google AdWords Keyword Planner ini bisa dibilang merupakan tools yang terbaik untuk mendapatkan kata kunci, hal ini terbukti dari banyaknya pengembang blog yang telah sukses juga memilih menggunakan tools ini. Tapi, buat kamu yang tidak memiliki budget/biaya dalam pengembangan blog kamu sebaiknya sekip aja dan manfaatkan tiga tools yang mimin uraikan sebelumnya, yaitu  Google Search, Google Trends dan WordStream.

5. POPULAR POST
Apa sih populer post? Popular post bisa kita temukan pada website atau blog tertentu yang telah disetting untuk memunculkan beberapa artikel yang paling banyak diakses oleh pengguna internet. Ya, popular post adalah media yang ada di blog yang hanya menampilkan artikel yang memiliki jumlah kunjungan terbanyak diantara artike-artikel yang dimiliki sebuah blog, pemilik blog bisa mensetting berapa artikel yang ditampilkan, dan blog akan mengurutkannya dari yang paling banyak dikunjungi berada di paling atas.

Repotnya, kamu perlu mengunjungi blog/website terlebih dahulu untuk melihat popular post ini, tentu ini membutuhkan waktu. Cara paling mudahnya, kamu bisa mencarinya berdasarkan kata kunci yang inngin kamu temukan, sebagai contoh kamu ingin membuat artikel tentang kesehatan, maka carinya di blog/website kesehatan yang paling populer. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua blog/website menampilkan popular post dari artikel yang mereka posting, dengan begitu kamu perlu mengunjungi satu website/blog ke website/blog yang lainnya.

Nah, itu tadi 5 tools/cara untuk menemukan kata kunci yang paling populer dan paling banyak dicari oleh pengguna internet. Melalui kata kunci paling populer ini, kita akan lebih mudah dalam menentukan artikel apa yang akan kita tulis. Meski menggunakan kata kunci paling populer akan memudahkan artikel kita naik peringkat, tetap saja kamu harus sesuaikan kata kunci tersebut dengan bisang yang kamu kuasai, tak perlu memaksakan diri dengan kata kunci yang paling teratas, bisa-bisa kamu akan kesulitan sendiri saat menulis artikelnya. Seperti yang mimin sampaikan di awal artikel, fokuslah pada kwalitas artikelnya, mulai dari bahasa yang digunakan, susunan kalimat yang enak dibaca serta bobot materi yang bagus. Percuma saja kalau kata kunci yang dipakai populer, tapi artikelnya tidak rapi dan tidak enak dibaca, akhirnya pengunjung yang saat ini datang, besok-besok gak mau datang ke blog kita lagi.

Saran mimin sederhana sih, gunakan tools-tools ini untuk menentukan kata kunci yang nantinya kamu jadikan sebagai kerangka pokok artikel kamu, setelah itu kembangkan materinya. Atau bisa juga kamu gunakan untuk menentukan judul artikel, tentukan tema, tentukan kata kunci, lalu cari kata kunci yang paling populer menggunakan tools ini dan sesuaikan judulnya dengan kata kunci yang paling populer tersebut. Secara sederhananya, jika kamu sudah memiliki ide tulisan maka tool di atas hanyalah fasilitas buat kamu untuk memudahkan menentukan/membuat sebuah judul artikel.

0 Response to "5 CARA MENEMUKAN "KATA KUNCI" PALING DICARI UNTUK ARTIKEL BLOG KAMU"

Post a Comment